Jelajah

7 Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Anda Nikmati Saat Berkunjung Kesana

Provinsi yang masuk di deretan padat Pulau Jawa ini menawarkan aneka makanan khas nan unik yang tidak hanya menjadi primadona wisatawan luar...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
kuliner jawa timur

Provinsi yang masuk di deretan padat Pulau Jawa ini menawarkan aneka makanan khas nan unik yang tidak hanya menjadi primadona wisatawan luar negeri, namun juga dalam negeri.

Tidak bisa dibantah, Jawa Timur memang menjadi surganya wisata kuliner menakjubkan yang sulit diabaikan begitu saja.

Berikut ini beberapa masakan khas Jawa Timur yang wajib Anda nikmati saat berkunjung kesana.

1. Rawon.

kuliner jawa timur
Makanan Khas Jawa Timur. Sumber : 1.bp.blogspot.com

Rawon merupakan sebuah makanan dengan kuah yang berwarna coklat kehitam-hitaman. Warna kuahnya yang hitam menjadi ciri khas dari rawon.

Tahukah Anda? Warna kuah rawon yang kehitam-hitaman ini didapatkan karean sebuah bahan rahasia yang bernama kluwek.

Biasanya, olahan rawon diisi tauge, telur,sayuran hijau dan daging sapi yang ditambah dengan bumbu kluwek. Akan semakin mantap jika menyantap Rawon denegan nasih plus kurupuk dan bawang goreng.

Di Jawa Timur, salah satu lokasi terkenal yang menjajal Rawon ialah di daerah Surabaya. Sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru Kota Pahlawan, rawon memang menjadi tujuan kuliner yang wajib kamu coba.

2. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Sumber : www.lezzat.id

Nama Rujak Cingur yang berasal dari kata dasar cingur yang berarti mulut. Rujak cingur terbuat dari potongan-potongan mulut atau moncong sapi.

Selain irisan moncong sapi, ada juga buah dan sayur seperti bengkuang, kacang panjang, kangkung, kedondong, kerahi / krai sejenis timun khas Jawa Timur, mangga muda, nanas, tauge dan timun.

Kemudian, semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang yang ditambah / dicampur juga dengan bendoyo (krai yang digodok), lontong, tahu dan tempe.

Rujak cingur punya rasa yang sangat beragam. Mulai dari gurih, pedas, manis, ditambah sensasi kenyal dari cingur bercampur jadi satu saat disantap.

3. Nasi Pecel

Nasi Pecel
Sumber : bukalapak.com

Makanan khas Jawa Timur ini hampur digemari semua kalangan, dari muda hingga tua, baik pria maupun wanita memiliki selera yang sama.

Tampil sehat , nasi pecel cocok untuk kamu yang ingin makan pagi tidak terlalu berat. Berbekal seporsi nasi dan pilihan beberapa sayur yang bermandikan bumbu kacang.

Tahukah Anda? Saking banyak penggemarnya, di Jawa Timur pecel dibuat dengan beberapa jenis tersendiri dan disesuaikan menurut daerahnya masing-masing, mulai dari pecel khas Jember, khas Malang dan lainnya.

Tertarik ingin mencoba? Segera dapatkan menu pecel terbaik dengan mengunjungi Jawa Timur atau Anda juga bisa mulai mencari dan memburunya di kota Anda sendiri.

4. Tahu Tek

Tahu Tek
Sumber : truffle-assets.imgix.net

Asal mula nama makanan ini disebut tahu tek karena dahulu penjualnya berkeliling menjajakan makanan sambil mengetuk ujung penggorengan. Suara tek-tek inilah yang menjadi awal terciptanya sebutan tahu tek.

Isiannya ada tahu goreng, telur dadar, kentang, lontong dan tauge. Pelengkapnya ada kuah bumbu kacang yang kental gurih dengan campuran petis.

Makanan ini bisa diandalkan sebagai pengganjal perut malam-malam

5. Bakso Malang

Bakso Malang1
Sumber : b.zmtcdn.com

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat terkenal dan juga digemari oleh masyarakat secara luas adalah bakso Malang.

Salah satu yang paling mencolok adalah kuah yang cukup bening dan berbeda dari kuah bakso pada umumnya. Selain itu, ada pangsit yang renyah di mana akan menambah cita rasa dari bakso tersebut. Bukan hanya rasa dari pentol atau bakso, tapi sampai ke kuahnya itu enak.

Dalam perkembangannya, bakso ini mulai tersebar dan tersedia di berbagai kota di Indonesia yang tentu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan panganan ini meskipun tidak berada di Jawa Timur.

6. Soto Lamongan

Soto Lamongan
Sumber : ramurempah.com

Kuliner yang satu ini sangat khas dan berbeda dengan soto lainnya, baik dari segi penyajian maupun rasanya. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan tradisional dari Lamongan yang sangat terkenal kelezatannya.

Salah satu ciri khasnya ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yang sering disebut Poya. Apabila serbuk Poya tersebut di campurkan dengan kuahnya maka akan menghasilkan rasa gurih yang khas.

Dalam penyajiannya, Soto Lamongan ini disajikan dengan nasi dan bahan tambahan lainnya seperti suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun dan irisan telur ayam dalam satu mangkuk.

Kemudian di siram dengan kuah soto dan ditamburkan Poya dan bawang goreng. Selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera.

7. Sate Madura

Sate Madura
Sumber : 3.bp.blogspot.com

Madura sangat terkenal dengan cita rasa Sate Ayam Madura-nya yang sangat khas dan legendaris. Hampir semua daerah di Indonesia terdapat penjual makanan satu ini.

Sate Madura dibuat dengan bahan dasar daging ayam atau daging kambing. Di Madura sendiri, keunikan sate ini adalah cara memasaknya dengan menggunakan arang batok kelapa yang mulai jarang ditemukan.

Selain itu, guyuran sambal kacang kental yang khusus membuat makanan khas Jawa Timur ini terasa begitu nikmat.

Mungkin Anda akan menemukan banyak penjual sate ini di daerah lain bahkan di luar Jawa Timur. Namun, jika sempat, cobalah menu makanan khas Jawa Timur ini langsung ke Madura untuk mendapatkan sensasi yang berbeda.

Demikian beberapa ulasan mengenai kuliner khas Jawa Timur yang enaknya juara. Makanan-makanan yang disebutkan tadi sebagian besar masih cukup mudah ditemukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *