Jelajah

7 Makanan Khas Semarang yang Terkenal Enak dan Recommended

Jika berbicra tentang Kuliner di Semarang, Maka Makanan khas Semarang tidak hanya Lumpia saja, masih banyak lagi makanan yang mampu memanjakan lidah....

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
Bandeng presto

Jika berbicra tentang Kuliner di Semarang, Maka Makanan khas Semarang tidak hanya Lumpia saja, masih banyak lagi makanan yang mampu memanjakan lidah.

Bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur  atau hanya sekedar berkunjung ke Kota Semarang, sempatkan untuk mencicipi aneka Makana khas Semarang di bawah ini.

Berikut 7 kuliner di Semarang yang bisa kamu jadikan referensi ketita berkunjung ke kota Semarang.

1. Bandeng Presto

Bandeng presto
Sumber Gambar :https://www.pegipegi.com/

Bendeng presto merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang terkenal. Kuliner ini wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Semarang.

Bandeng presto di buat dari ikan bandeng yang segar dan dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam.

Jika kamu tidak suka makan ikan karena banyak duri tajamnya, tidak usah khawatir. Makanan ini memberikan sensasi makan ikan dengan duri yang sangat lunak.

Banden presto dimasak dengan cara presto untuk melunakkan dan menghilangkan duri ikan bandeng yang terlampau banyak.

Rasanya gurih membuat masakan khas semarang ini  banyak di incar wisatawan.

3. Tahu Gimbal.

tahu gimbal
Sumber Gambar : https://flohomerecipes.files.wordpress.com/

Makanan khas Senarang yang satu ini mempunyai nama yang cukup unik, yaitu tahu gimbal. Sangat unik bukan?

Tahu gimbal terbuat dari potongan lontong, gimbal, irisan kol dan tauge yang disiram dengan saus kacang berbumbu petis. Rasanya merupakan perpaduan antara manis, gurih dan asin yang nikmat

Gimbal adalah sejenis makanan olahan udang yang digoreng dengan tepung. Rasanya manis, pedas dan juga gurih.

Jika Anda ingin menikmati satu porsi tahu gimbal, biasanya akan ada tambahan kerupuk udang sehingga semakin menggugah selera semua orang yang menatapnya.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Anda Nikmati Saat Berkunjung Kesana.

 3. Mie Kopyok.

mie kopyok
Sumber Gambar : https://assets-a1.kompasiana.com/

Mie kopyok juga merupakan salah satu primadona makanan di Semarang. Bahan bakubahannya adalah mie, tetelan daging, potongan lontong, irisan tahu pong, daun seledri, tauge dan ditambah lauk kerupuk gendar diatasnya. Kuah miekopyok terbuat dari kaldu rempah rempah.

Meskipun sederhana, namun mie kopyok tetap lezat di lidah apalagi mie nya sangat lembut dan kenyal.

Mie kopyok merupakan sangat khas Kota Semarang yang susah di temukan di tempat lain. Mie Kopyok kebanyakan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung.

4. Lumpia Semarang.

lumpia
Sumber Gambar : https://sifu.unileversolutions.com/

Makanan khas semarang selanjutnya adalah Lumpia. Makanan ini sudah dikenal sebagai salah satu kuliner khas Semarang yang wajib di cicipi saat berkunjung kota Semarang.

Lumpia terbuat dari adonan tepung yang diberikan isian yang dan digulung untuk dicelupkan ke dalam minyak panas.

Selain itu, untuk isiannya lumpia juga sangat bervariasi, mulai dari daging ayam, telur orak-arik, bawang putih, potongan sayuran, ebi, hingga rebung.

Perpaduan semua rasa ini akan membuat cita rasa lumpia Semarang semakin nikmat saja.

Baca Juga : 7 Kuliner Legendaris di Jogja yang Masih Eksis Hingga Saat Ini.

5. Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso.

nasgor babat
Sumber Gambar : https://meramuda.com/

Nasi goreng babat gongso merupakan makanan lezat yang wajib untuk dicicipi. Penyajiannya berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Sajiannya ada tambahan babat atau kulit sapi yang dipotong kecil-kecil.

Babat adalah bagian dari jeroan sapi yang dijadikan bahank olahan untuk makanan di Indonesia, salah satunya adalah nasi goreng babat dan babat gongso. babat diolah dengan teknik khusus sehingga tidak lagi berbau ketika disajikan.

Akan semakin nikmat jika Anda menambahkan telur untuk di orak-arik di atas hidangan nasi goreng babat gongso.

Bagi Anda yang tertarik, Anda juga bisa menambahkan limpa, paru rebus dan iso sebagai urapan yang membuat nasi goreng babat gongso semakin nikmat untuk dicicipi.

6. Soto Bangkong

soto bangkong
Sumber Gmbar : https://res.cloudinary.com/

Makanan terbaik khas kota Semarang selanjutnya ialah soto bangkong. Bangkong merupakan nama lain dari katak (swike).

Dinamakan soto bangkong karena lokasinya yang berdekatan dengan kantor pos Bangkong.

Soto bangkong disajikan dalam mangkuk kecil dengan irisan sueiran ayam, tauge, irisan tomat, bihun dan taburan bawang putih dan merah.

Yang membedakan makanan asli Semarang ini dengan soto pada umumnya adalah kuahnya yang bening walaupun warnanya agak coklat.

Soto ini disajikan dengan isian berupa suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun dan taburan bawah merah dan bawang putih

Di sini, soto disajikan dengan lauk pelengkap seperti perkedel, sate telur burung puyuh, tempe dan sate kerang. Kuahnya yang segar dan panas membuat selera makan menjadi semakin tak tertahankan.

7. Wingko Babat.

wingko
Sumber Gambar : https://img-global.cpcdn.com/

Wingko babat adalah salah satu makanan khas Semarang yang terkenal. Makanan ini adalah jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan kelapa yang di bakar.

Rasanya juga bervariasi seperti, coklat, kelapa muda dan lain-lain. Proses pembuatanya semua dengan bahan alami, jadi enak di lidah.

Untuk Kamu yang sedang berkunjung di kota semarang, wingko babat merupakan pilihan yang tepat untuk  di jadikan oleh-oleh.

Itulah 7 makanan khas Semarang yang enak dan paling terkenal. Semoga bisa menjadi referensi untuk para pelancong dari dalam maupun luar negeri, selamat berburu kuliner enak di kota Semarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *