Gaya Hidup

Pentingnya Manajemen Stress Untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Manajemen stress adalah suatu keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mengantisipasi, mencegah, mengelola, dan memulihkan diri dari stress yang dirasakan karena adanya ancaman...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
manajemen stress
Manajemen stress. Sumber : www.womenshealth.gov

Manajemen stress adalah suatu keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mengantisipasi, mencegah, mengelola, dan memulihkan diri dari stress yang dirasakan karena adanya ancaman ketidakmampuan dalam coping yang dilakukan (Smith)

Advertisement

Secara umum, Stress adalah salah satu elemen dari psikologis dan fisik normal terhadap peningkatan beban dari kehidupan.

Stres merupakan salah satu hal umum yang sering dihadapi manusia pada zaman sekarang ini.

Banyak faktor yang menjadi pemicu timbulnya stress, misalnya saja kebutuhan yang semakin banyak tanpa didukung dengan kemampuan finansial yang memadai, target kerja yang tidak tercapai dan sebagainya.

Banyaknya tantangan dan tuntutan hidup seringkali bikin orang mengalami tekanan yang ujung-ujungnya merasa stres. Stress biasanya datang sebagai peringatan dari otak atas tekanan yang kita jalani.

Biasanya setelah stress badan kita akan kembali normal lagi. Intinya, timbulnya stres dalam diri seseorang dikarenakan ketidakmampuan menghadapi beban atau tekanan hidup.

Tingkat stress yang tinggi menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi si penderitanya. Tanpa manajemen stres, biasanya tubuh anda selalu waspada.

Oleh karena itu, perlu adanya manajemen stres yang bisa membantu kamu mengelola dan mengatasi stres secara tepat. Lalu, apa itu manajemen stres?

Apa Itu Manajemen Stress ?

move on dari masa lalu
move on dari masa lalu. sumber www.hipwee.com

Secara umum, manajemen stress merupakan cara seseorang yang efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan baik dari luar, atau dari dalam.

Tujuan adanya manajemen stress adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat secara jasmani dan rohani.

Secara garis besar, manajemen stress bisa di katakana sebagai langkah umum dalam menangani  stress itu sendiri.

Simpelnya, manajemen stress itu adalah bagaimana kemampuan manusia untuk mengatasi gangguan emosional maupun mental akibat stres yang dipicu berbagai faktor.

Baca Juga : Cara Ampuh Memotivasi Diri Sendiri Agar Kembali Bersemangat

Bagaimana Cara Mengatasi Stress ?

Stress Jika tidak segera diatasi, maka akan berpotensi menimbulkan akibat yang semakin buruk, seperti depresi bahkan bisa saja berakhir bunuh diri.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktekkan untuk mengatasi stress dengan manajemen stress.

1. Berolahraga

Olahraga
Olahraga, Sumbber : hellosehat.com

Stres merupakan salah satu bentuk dari gangguan emosional jiwa. Maka olahraga bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Selain itu, olahraga juga memobilisasi otot, mempercepat peredaran darah, dan membuka paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak. Dengan demikian, kondisi tubuh menjadi stabil dan lebih sehat.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup, sumber : www.parentingclub.co.id

Tubuh yang lelah karena kurang istirahat dapat menyebabkan konsentrasi menurun dan tidak fokus menghadapi berbagai masalah yang sedang dialami.

Istirahatkan tubuh Anda dengan waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-8 jam sehari. Dengan aktivitas tidur atau istirahat yang cukup mampu meremajakan tubuh yang lelah sehingga ketika bangun tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar kembali dan siap menjalani aktivitas di kemudian hari.

3. Luangkan Waktu Untuk Bersantai

santai
Sumber : www.kanal247.com

salah satu cara menghilangkan stres yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan me-time .

Misalnya meluangkan waktu untuk menyalurkan hobimu bermain online game, jalan-jalan, atau sekedar relaksasi ke tempat terekat. melakukan hal yang kita senangi dipercaya mampu menanggulangi rasa stress.

Baca Juga : 7 Cara Alami Menjaga Kesehatan Tubuh Baik Jasmani Maupun Rohani.

4. Bersosialisasi

curhat
sumber : hellosehat.com

Berinteraksi dengan orang adalah cara tercepat dan paling praktis untuk mengendalikan stres. Saat kita berinteraksi dengan orang lain secara tak sadar kita telah membagi masalah ke orang itu. Terlebih lagi saat anda membantu orang lain, biasanya beban akan berkurang.

5. Lakukan Meditasi

Meditasi
Meditasi. Sumber : media.beritagar.id

Meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh mengatasi stres. Meditasi akan membantu seseorang memusatkan pikiran dan perasaan agar bisa berkonsentrasi dan relaksasi.

Dengan begitu, pernapasan akan menjadi lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah akan kembali normal. Kondisi ini tentu dapat menurunkan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih tenang.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengatasi dan manajemen stress. Pilihlah salah satu cara yang membuat Anda enjoy atau bisa mengkombinasi beberapa cara diatas.

Dengan menerapkan beberapa hal yang sudah di sampaikan, semoga kita bisa menjadi pribadi yang bukan hanya sehat dalam urusan jasmani, namun juga rohani sehingga bisa menjalani rutinitas seperti pada biasanya.

Advertisement

Baca Juga : 9 Kebiasaan Sederhana yang Membantumu Untuk Selalu Berfikir Positif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *