Gaya Hidup

Menjaga Kesehatan Usus Hingga Mengontrol Gula Darah, Inilah 7 Manfaat dari Buah Pir

Ada beragam manfaat buah pir yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan jika rutin mengonsumsinya. Advertisement Manfaat tersebut antara lain adalah menyehatkan usus,...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
BUAH PIR
BUAH PIR
Sumber Gambar : https://sabadetazeh.com/:

Ada beragam manfaat buah pir yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan jika rutin mengonsumsinya.

Advertisement

Manfaat tersebut antara lain adalah menyehatkan usus, menjaga kesehatan jantung, hingga mengurangi resiko terkena diabetes.

Manfaat buah pir untuk kesehatan diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya.

Buah pir tidak hanya mengandung banyak serat, tapi juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral.

Berikut manfaat buah pir untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber

Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah ragam manfaat buah pir yang sayang untuk dilewatkan:

1. Melancarkan Pencernaan.

Manfaat buah pir yang pertama adalah melancaran sistem pencernaan. Buah yang satu ini merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik untuk pencernaan.

Serat-serat ini lah yang membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus pembuangan.

Serat dalam buah pir mengandung probiotik yang mampu menjaga kesehatan usus dan meningkatkan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Dengan mengonsumsi 2-3 buah pir sudah dapat memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan serat dalam sehari.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C dan tembaga dalam buah pir dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, pir merupakan sumber flavonoid yang tinggi yang dapat melawan peradangan, sehingga tubuh anda tidak mudah terkena penyakit.

Dengan sistem imun yang kuat, tubuh kita tentunya akan terjauh dari risiko beragam penyakit.

3. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit kanker.

Sebuah studi mendukung bahwa kandungan flavonoid pada buah pir dapat melindungi Anda dari resiko penyakit kanke, seperti kanker paru, kanker lambung, dan kanker kandung kemih.

Selain itu Pir juga mengandung berbagai macam senyawa yang bersifat anti-kanker seperti kandungan antosianin dan asam sinamat.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah.

Buah pir adalah salah satu buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. kandungan serat yang tinggi dan anthocyanin yang ada di buah pir dianggap mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2 .

Kandungan serat larut pada pir juga berperan mengatur kadar gula darah agar tetap seimbang

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung.

Kandungan serat pada buah pir sangat bermanfaat untuk keseatan jantung.

Mengonsumsi makanan kaya serat mengurangi tekanan darah dan kolesterol serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Kulit pir juga sarat akan zat antioksidan yang disebut quercetin, yang dapat mengurangi peradangan dan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah dan kolesterol.

6. Mencegah Penyakit Tulang.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung saja, buah pir juga dapat menjaga kesehatan tulang.

Kandungan vitamin K dan zat boron yang terdapat pada buah pir berperan pentingdalam menjaga kesehatan tulang.

Vitamin K dan nutrisi penting lainnya seperti kalsium, magnesium dan fosfor, bekerja untuk mencegah kerusakan tulang.

Sedangkan zat boron berfungsi penting untuk membantu menjaga tulang tetap kuat.

Dengan hal itu mengonsumsi pir dapat membantu menguatkan tulan dan menjaga kepadatan tulang, sehingga menrunkan risiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis

7. Turunkan Berat Badan.

Buah pir termasuk buah buah yang rendah kalori, namun tetap kaya akan serat. Kombinasi ini membuat Anda bisa merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Ketika merasa kenyang, risiko mengonsumsi kalori terlalu banyak pun bisa dihindari.

Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet karena tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan secara signifikan.

Nah, itulah ulasan singkat tentang tujuh manfaat buah pir yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

Disarankan untuk mengonsumsi buah pir segar yang tidak banyak terkenal semprotan pestisida.

Anda bisa memakannya langsung, potong saja kecil-kecil buah pir tersebut. Namun, jangan mengupas kulitnya karena di situlah banyak terkandung vitamin dan antioksidan.

Advertisement

Jangan lupa cuci bersih dulu buah pir sebelum dikonsumsi. Dengan rutin mengonsumsi buah pir, kesehatanmu akan lebih terjaga. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *