Jelajah

Segudang Manfaat Bunga Rosella Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Tahu

Manfaat bunga rosella bagi kesehatan memang segudang. Tidak heran sering dikonsumsi bagi yang memiliki masalah kesehatan sebagai obat terbaik. Di era modern seperti...

Written by Widi · 3 min read >
manfaat bunga rosella
manfaat bunga rosella
Sumber : i.pinimg.com

Manfaat bunga rosella bagi kesehatan memang segudang. Tidak heran sering dikonsumsi bagi yang memiliki masalah kesehatan sebagai obat terbaik.

Di era modern seperti sekarang banyak para terapis yang menggunakan bunga ini untuk terapi yang ia lakukan kepada pasiennya.

Bunga rosella memiliki berbagai kandungan terbaik. Inilah yang membuatnya banyak diproduksi menjadi bahan siap pakai, contohnya teh.

Sebelum terlambat, Anda bisa mengkonsumsi bunga ini setiap hari agar bisa mencegah terjadinya penyakit. Karena kita tahu pencegahan lebih baik dibanding pengobatan.

Namun bagi Anda yang sudah merasakan penyakit, bisa segera mengkonsumsi bunga rosella untuk masalah kesehatan yang Anda alami. Sebelum mengkonsumsi, kenali dulu berbagai manfaat yang didapat dari bunga ini.

Segudang Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan Untuk Kesehatan

Bunga rosella adalah bunga yang banyak kita temui di klinik ataupun pusat terapi Indonesia. Wajar karena kandungan didalamnya sangat bagus untuk kesehatan.

Biasanya ada banyak cara untuk mengolah bunga rosella ini. Salah satu yang paling populer adalah menjadikannya sebagai teh alami dari bunga rosella.

Mengkonsumsi bunga rosella setiap hari secara rutin terbukti memberi dampak luar biasa bagi tubuh karena memiliki segudang manfaat. Lantas apa saja manfaat yang didapat dari mengkonsumsi bunga ini? Anda bisa membacanya di ulasan berikut

1. Untuk Masalah Kecantikan

Kecantikan
Sumber : nangmuislinedep.com.vn

Bunga rosella memiliki kandungan yang bisa digunakan untuk menambah kecantikanmu. Bunga rosella juga bisa menambah kesehatan pada kulit.

Anda yang sudah tidak lagi muda dan ingin melakukan perawatan khusus untuk meremajakan kulit, maka pilihan terbaik adalah menggunakan bunga rosella ini. Ya, Anda bisa menjadikan bunga rosella untuk perawatan kulit dan peremajaan kulit yang Anda mau.

Jika Anda rutin melakukan perawatan menggunakan bunga rosella maka akan membuat kulitmu tampak kencang dan juga lebih cerah dibanding sebelumnya.

Hal ini dikarenakan bunga rosella memiliki kandungana protein esensial, vitamin C dan asam amino. Bahan ini membuat kulit lebih sehat dan kencang seperti masa muda dulu.

2. Sumber Antioksidan Terbaik

Didalam kelopak bunga rosella ada kandungan senyawa fenolik yang fungsinya sebagai antioksidan. Perlu Anda tahu bahwa sumber antioksidan ini empat kali lebih melimpah dibanding antioksidan yang ada didalam daun kumis kucing.

Senyawa lain didalam antioksidan seperti gossipetin dan antosianin bisa memberi perlindungan karena penuaan, seperti penyakit diabetes hingga gejala kanker.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

Manfaat bunga rosella bagi kesehatan lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit yang menyerang tubuh seseorang.

Dengan mengkonsumsi bunga rosella secara teratur, maka kekebalan tubuh bisa langsung meningkat tajam. Karena alasan inilah, ada baiknya mengkonsumsi bunga rosella di pagi hari secara teratur agar mendapat kekebalan tubuh yang maksimal nantinya.

4. Mencegah Terjadinya Kanker

mencegah kangker
Sumber : hellosehat.com

Bunga rosella punya kandungan zat yang bisa menghambat terjadinya sel kanker. Pencegahan ini karena bunga rosella mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh.

Rusaknya sel DNA pada tubuh dapat teratasi dengan sejuta manfaat dari bunga rosella ini. Contohnya untuk mencegah terjadinya leukimia atau kanker darah.

5. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Bunga rosella sangat bagus untuk dijadikan teh karena mampu menurunkan tekanan darah yang diidam sebagian besar masyarakat Indonesia. Ketika tekanan darah meningkat, tentu akan membuat metabolisme tubuh juga ikut bermasalah.

Teh rosella  bisa mengontrol tekanan pada darah sehingga sangat bagus untuk menghindari masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Ekstrak kelopak bunga rosella bisa menggantian pemberian captopril untuk penderita hipertensi. Orang yang rutin mengkonsumsi bunga rosella selama 12 hari akan mengalami penurunan tekanan sistolik hingga 11,2%.

Baca Juga : 12 Manfaat Teh Hijau, Membantu Menurunkan Berat Badan dan Membuat Kulit Wajah Lebih Cantik

6. Mencegah Terjadinya Pengeroposan Pada Tulang

Bunga rosella memiliki kandungan zat besi, kalium, kalsium dan juga vitamin D yang tinggi. Kandungan yang begitu berkhasiat.

Ini bakal membantumu untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang,. Terutama untuk Anda yang memang sudah berusia lanjut. Anda bisa mengkonsumsi olahan bunga rosella seperti teh setiap pagi untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Bisa Menormalkan Tekanan Darah

Anda punya tekanan darah yang tidak stabil? Maka pilihan terbaik adalah dengan menormalkan menggunakan teh bunga rosella.

Bunga rosella ini bisa membantu untuk menstabilkan tekanan darah. Hal ini bisa membuat Anda terhindari dari berbagai penyakit yang disebabkan karena tekanan darah tidak stabil. Contohnya seperti penyakit jantung dan sebagainya.

8. Menjadi Program Diet Alami Terbaik

DIET
Sumber : img.playbuzz.com

Anda punya masalah berat badan berlebihan alias obesitas? Jika iya, teh rosella bisa menjadi pilihan terbaik untuk diet sehingga badan tidak obesitas lagi.

Ini menjadi pilihan terbaik daripada harus mengkonsumsi obat diet secara terus menerus. Yang tentu saja akan memberikan efek samping nantinya.

Bunga rosella mengandung vitamin C yang bisa melepaskan kolesterol dan juga lemak pada tubuh. Jadi tidak heran banyak rekomendasi untuk mengkonsumsi olahan bunga rosella di setiap pagi hari dan juga malam hari sebelum beranjak ke tempat tidur.

Tujuannya supaya daya metabolisme tubuh bisa meningkat tajam dan akhirnya bisa terbebas dari obesitas. Mengingat metabolisme yang baik membuat berat badan tubuh bisa menurun.

9. Melancarkan Buang Air yang Tidak Rutin

Bunga rosella memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Contohnya adalah kandungan serat yang  tinggi.

Dimana kandungan ini bisa meningkatkan kemampuan buang air lebih lancar. Anda yang tidak ingin merasakan penyakit sembelit bisa langsung mengkonsumsi olahan bunga rosella setiap hari secara teratur agar BAB bisa lancar.

10. Melindungi Diri dari Penyakit Degeneratif

Zat fenolik pada bunga rosella merupakan kandungan senyawa antioksidan yang memang memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Pasalnya zat yang satu ini mampu melindungi diri dari berbagai penyakit degeneratis yang memang cukup memusingkan. Contoh penyakitnya adalah diabetes hingga penyakit kanker yang memang sangat menganggu kesehatan .

Tanaman bunga rosella selalu menghasilkan bunga setiap tahunnya sehingga tidak heran cukup mudah untuk mendapatkannya.

Hanya saja bunga rosella tidak bisa ditemukan pada tanaman yang sudah tua. Sedangkan untuk proses pembudidayaannya tidak membutuhkan proses yang terlalu pusing karena cukup sederhana dan simple.

Anda bisa membeli bibit tanaman yang ada didalam polibag. Selanjutnya bisa tunggu hingga sedikit besar dan pindahkan ke tanah yang lebih lapang.

Karena memang pohonnya bisa setinggi 5 meteran. Dengan menanam sendiri bunga rosella, Anda bisa mendapat manfaat bunga rosella bagi kesehatan semaksimal mungkin.

Meskipun Anda konsumsi setiap hari, bunga rosella tidak memberikan efek samping karena termasuk tanaman herbal. Yang perlu dicatat adalah imbangi konsumsi bunga rosella dengan olahraga hingga pola hidup dan makan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *