Jelajah

Intip 7 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Tumbuhan kelor memang belum terkenal di kalangan masyarakat luas, begitu juga dengan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Advertisement Siapa yang menyangka tanaman...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
MANFAAT DAUN KELOR
MANFAAT DAUN KELOR
Sumber : www.al-hakem.com

Tumbuhan kelor memang belum terkenal di kalangan masyarakat luas, begitu juga dengan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

Advertisement

Siapa yang menyangka tanaman berdaun kecil ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bagian daun dari tumbuhan kelor ini bisa dijadikan salah satu media yang digunakan dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Daun kelor berbentuk bulat agak lonjong dan berukuran kecil. Banyak ilmuan dan peneliti yang menyebut pohon kelor ini sebagai miracle tree. Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari pohon kelor ini terutama pada bagian daunnya.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Menurut penelitian dan riset yang sudah dilakukan oleh banyak peneliti, daun kelor memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Daun kelor mengandung potasium yang jumlahnya tiga kali lipat dari pisang, kalsium yang jumlahnya empat kali lipat dibandingkan dari susu, vitamin C yang tinggi, vitamin A yang jumlahnya empat kali lipat dari wortel, dan protein dua kali lipatnya dari yang didapatkan dari susu.

Tumbuhan kelor ini bisa digunakan dengan berbagai macam cara, mulai dari dibuat sebagai olahan makanan atau disayur, bisa juga diseduh dan dijadikan minuman teh.

Pohon atau tumbuhan kelor ini juga sudah dinobatkan sebagai pohon ajaib atau miracle tree oleh organisasi WHO.

1. Membantu Tubuh Dalam Menjaga Berat Badan yang Seimbang.

berat badan
Sumber : pasberita.com

Salah satu zat yang terkandung di dalam daun kelor adalah polyphenol yang tinggi, polyphenol ini berfungsi sebagai antioksidan yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Dari kandungannya ini daun kelor bisa membantu tubuh untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Menurut banyak percobaan dan penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli, mereka memberikan pernyataan bahwa daun kelor dapat membantu tubuh dalam menangani masalah pencernaan.

Daun kelor dapat bermanfaat sebagai perangsang metabolisme tubuh yang menyebabkan tubuh lebih optimal dalam membakar kalori sehingga tubuh lebih mudah untuk menjaga berat badan yang ideal.

2. Daun Kelor Dapat Menghilangkan Flek dan Noda di Wajah.

bedak daun kelor
Sumber : sinashita.com

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek dan noda di wajah adalah dengan menggunakan daun kelor sebagai ramuan masker atau bedak.

Caranya cukuplah mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa helai daun kelor yang muda, kemudian daun kelor muda tersebut ditumbuk dan dijadikan masker bagi wajah, selain itu juga dapat dicampur sebagai bedak.

Beberapa sumber mengemukakan bahwa di beberapa negara ekstrak dari tumbuhan kelor ini sudah dijadikan bahan baku utama dalam pembuatan kosmetik baik dari bagian batang hingga bijinya.

Ekstrak dari tumbuhan ini dijadikan bahan baku pembuatan kosmetik.  Tumbuhan ini mengandung puluhan zat antioksidan yang memiliki manfaat baik bagi kulit dan tubuh manusia.

Selain itu, daun kelor juga mengandung mineral dan asam amino dengan kadar yang tinggi, mineral dan asam amino ini merupakan zat yang dapat membantu tubuh dalam pembuatan kolagen serta protein keratin.

Tumbuhan kelor ini juga dapat melembabkan kulit secara alami, selain itu daun kelor juga dapat membantu tubuh untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Beberapa kosmetik yang dapat dibuat dari minyak atau ekstrak kelor diantaranya adalah krim antiaging, minyak aroma terapi, parfum, cologne, krim anti kerut, lotion, krim pencerah kulit, facialfoam, minyak rambut, bahkan minyak aromaterapi. Selain itu, bunga kelor juga baik dalam menyerap dan menjaga bau atau aroma.

Baca Juga : 9 Manfaat Jahe Merah dari Mengatasi Ejakulasi Dini Hingga Mencegah Kemandulan

3. Membantu Tubuh Dalam Mencukupi Gizi Bagi Ibu Menyusui dan Anak.

ibu menyusui
Manfaat daun kelor untuk kesehatan bagi ibu menyusui. Sumber : tengrinews.kz

Menurut salah satu Dosen dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengungkapkan dan menjelaskan bahwa daun kelor mengandung banyak protein, zat besi, vitamin C, dan bahkan flavinoid yang dapat bermanfaat bagi tubuh dalam menyiapkan ASI yang baik dan berkualitas bagi ibu menyusui.

Pada wanita yang habis melahirkan dan wanita yang mengalami menstruasi akan membutuhkan banyak zat besi. Sedangkan pada daun kelor terkandung zat besi 25 kali lipat lebih tinggi dibandingkan yang terkandung dalam bayam.

Daun kelor juga bagus manfaatnya bagi kesehatan anak-anak, daun kelor dapat diberikan sebagai olahan makanan bagi bayi sejak berusia enam bulan. Namun konsumsi daun kelor sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil apalagi pada masa kehamilan trisemester pertama.

4. Menyehatkan Mata.

memakai kaca mata
Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kesehatan mata. Sumber : img.playbuzz.com

Daun kelor merupakan salah satu tumbuhan yang bisa menjaga dan menghindarkan resiko gangguan kesehatan pada mata. Daun kelor adalah salah satu tumbuhan yang memiliki tingkat kandungan vitamin A yang sangat tinggi.

Menurut salah satu pakar herbal daun kelor merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan gizi, daun kelor bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Daun kelor dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan mata seperti mata minus, mata plus, membantu mengatasi silinder, dan bahkan katarak, selain itu juga bermanfaat untuk menjernihkan pandangan mata pengidap diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal.

kesehatan ginjal
Manfaat daun kelor untuk kesehatan, menjaga kesehatan ginjal. Sumber : static.punjabkesari.in

Daun kelor merupakan salah satu bahan baku makanan yang bisa diolah menjadi salah satu hidangan yang dapat dikonsumsi. Salah satu khasiat yang memiliki adalah banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

Selain itu kandungan nutrisi yang terdapat pada daun kelor dapat menyembuhkan gangguan kesehatan pada ginjal yang sudah terjadi.

Daun kelor dapat dikonsumsi salah satunya dengan cara dimasak untuk dijadikan sayur atau diseduh untuk dijadikan teh.

Baca Juga : Mengenal 6 manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

6. Mengobati Penyakit Rematik.

sakit rematik
Manfaat daun kelor untuk kesehatan, mengobati rematik. Sumber : amazonaws.com

Penyakit rematik biasanya diderita oleh orang yang telah berusia lanjut. Penyakit ini juga bisa menyerang orang yang masih berusia muda.

Untuk mencegahnya, daun kelor dapat dijadikan salah satu alternatif media penyembuhan dan pencegahan penyakit rematik ini.

Daun kelor berfungsi untuk mengurangi rasa sakit disendi yang disebabkan oleh penyakit rematik. Daun kelor juga bisa mengurangi penumpukan asam urat pada tubuh.

Selain itu daun kelor dapat juga dimanfaatkan pada beberapa penyakit lain. Contohnya adalah pegal linu, nyeri otot, rematik, nyeri sendi, diabetes, dan penyakit otot dan sendi laninnya.

7. Berfungsi Sebagai Penangkal dan Penyembuh Kanker Alami.

mencegah kangker
Manfaat daun kelor untuk kesehatan. Sumber : hellosehat.com

Pada tahun 2011 food and chemical toxicology mengadakan sebuah setudi tentang kultur jaringan pada sel kanker serviks pada manusia.

Dalam jurnal dijelaskan bahwa ekstrak dari tumbuhan kelor dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker. Hal tersebut dikarena tumbuhan kelor ini mengandung antioksidan dan potasium yang sangat tinggi.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tidak memiliki efek samping yang berbahaya jika digunakan secara tepat. Bagian tumbuhan kelor yang dapat digunakan hanyalah bagian batang, daun, bunga, dan bijinya saja.

Advertisement

Sedangkan bagian akarnya bisa memiliki racun. Hindari juga konsumsi daun kelor pada ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *