Gaya Hidup

9 Manfaat Daun kumis kucing Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui.

Ada beraneka ragam manfaat dari daun kumis kucing. Kumis kucing merupakan tanaman herbal  yang telah dimanfaatkan masyarakat sebagai obat tradisional sejak jaman...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
Daun Kumis-Kucing1
Manfaat-Kumis-Kucing
Sumber Gambar : https://monitor.co.id/

Ada beraneka ragam manfaat dari daun kumis kucing. Kumis kucing merupakan tanaman herbal  yang telah dimanfaatkan masyarakat sebagai obat tradisional sejak jaman dulu.

Kumis kucing memiliki bunga yang khas. Berwarna ungu keputih-putihan, bunganya tersusun seperti pucuk cemara. Pada pangkalnya terdapat benang-benang halus menyerupai kumis kucing.

Hampir semua bagian tanaman kumis kucing mempunyai manfaat, mulai dari daun, bunga, hingga batang.

Daun merupakan bagian yang paling banyak digunakan sebagai ramuan teh. Bisa dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering.

Daun kumis kucing dimanfaatkan sebagai minuman herbal seperti teh, Kamu juga bisa menambahkan madu pada larutan tersebut.

Manfaat Daun kumis kucing Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Daun Kumis-Kucing1
Sumber Gamar : https://fin.co.id/

1. Mengobati Gangguan Ginjal.

Daun kumis kucing dipercaya mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit yang berkenaan dengan ginjal. zat aktif yang terdapat didalamnya bisa menyembuhkan peradangan yang terdapat pada ginjal.

Manfaat daun kumis kucing untuk mengatasi gangguan ginjal telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan secara klinis.

2. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih.

Seseorang yang terkena penyakit Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

Daun kumis kucing memiliki sifat diuretik yang dapat memicu peningkatan aliran urin dengan melemaskan otot-otot dinding pembuluh internal.

Efeknya Anda jadi lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih, yang dapat menimbulkan infeksi.

3. Mengobati Rematik.

Jika kamu mengalami rematik, minumlah ekstrak daun kumis kucing. Daun kumis kucing dapat mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, serta memelihara fungsi persendian.

Daun kumis kucing mengandung enzim flavonoid yang mampu meringankan gejala encok. Anda bisa mencampur ekstrak kumis kucing dengan tanaman lain.

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.

Daun kumis kucing ini dapat menjadi obat alternatif bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Daun ini mengandung sebuah zat kimia yang dapat membantu dalam mengurangi tingkat tekanan darah.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Merah yang Terbukti Mampu Mengobati Penyakit Ringan ataupun Kronis.

5. Membantu Masalah Pernapasan.

Manfaat kumis kucing lainnya adalah mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Obat-obatan pernafasan sering dicampurkan dengan tanaman herbal seperti kumis kucing, terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan pernafasan.

Daun kumis kucing dapat meringankan batuk atau penyakit yang menyerang tenggorokan dan saluran pernafasan.

Hal in karena daun kumis kucing mengandung zat anti bakteri sehingga dapat membantu membunuh kuman di tenggorokan dan berperan sebagai obat batuk alami.

Cara mengolahnya dengan menyiapkan 15-20 gram ditambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya diminum 3 kali sehari, dosisnya adalah satu gelas.

6. Bagus untuk Detoks.

Manfaat daun kumis kucing selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Rebusan daun kumis kucing atau yang lebih sering disebut teh jawa merupakan minuman herbal yang dimanfaatkan untuk membantu membersihkan racun dan kuman dari dalam tubuh.

Minuman herbal tersebut dibuat dari tanaman kumis kucing yang dipadukan dengan berbagai rempah lain.Daun kumis kucing bertindak sebagai pembersih alami dan karena itu menyapu tubuh kita dari racun yang tidak diinginkan.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah.

Daun kumis kucing juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Penyakit diabdisebabkan oleh kadar gula etes disebabkan oleh kadar gula darah yang berlebih di dalam tubuh.

Daun kumis kucing secara efektif dapat mengatur kadar glukosa dalam gula dan dengan demikian membantu kita mengendalikan diabetes secara efisien.

Baca Juga : Rutin Minum Teh Hijau Tiap Pagi, Ini Manfaat yang Anda Dapatkan.

8. Mengobati Gusi Bengkak.

Ketika seseorang menderita penyakit gusi berdarah, maka dapat diatas dengan berkumur. Sehingga kalau ingin redakan gusi bengkak bisa lebih memudahkan atasi gusi bengkak.

9. Mengurangi Gatal Karena Alergi.

Mengkonsumsi daun kumis kucing juga dipercaya mampu menyembuhkan tubuh gatal-gatal karena alergi. Cara mengolahnya adalah  dengan cara merebus setengah genggam kumis kucing bersama dengan meniran dan sambiloto.

Ditambah dengan 4 gelas air dan 2 jari temulawak lalu rebus sampai mendidih. Saring ampasnya dan jamu herbal ini bisa diminum sehari dua kali untuk mengurangi gatal akibat alergi.

Itulah beberapa manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *