Jelajah

11 Manfaat Daun Sirih Merah yang Terbukti Mampu Mengobati Penyakit Ringan ataupun Kronis

Manfaat daun sirih merah terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit ringan ataupun kronis. Anda bisa membuat rebusan daun sirih merah untuk...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
Daun Sirih Merah
Daun Sirih Merah
Sumber Gambar : https://doktersehat.com/

Manfaat daun sirih merah terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit ringan ataupun kronis. Anda bisa membuat rebusan daun sirih merah untuk merasakan khasiatnya.

Minumlah secara rutin setiap pagi dan sore hari untuk merasakan manfaat daun sirih merah. Berikut ini kami uraikan beberapa beberapa khasiat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh anda:

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit Ringan

batuk
Sumber Gambar : https://hellosehat.com/

1. Mengobati Batuk.

Daun sirih merah juga mampu mengatasi batuk. Anda hanya cukup merebus 5 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dalam 300 ml air selama beberapa menit hingga mendidih. Diamkan sampai tidak terlalu panas, lalu minum rutin sehari dua kali.

2. Menghentikan Mimisan.

Manfaat daun sirih merah yang pertama adalah menghentikan mimisan. Daun ini mengandung fenil popies dan terpene.

Kandungan keduanya pada daun sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Anda cukup menggulung sirih merah lalu masukan ke lubang hidung yang mimisan.

3. Pengobatan Luka Bakar Ringan.

Daun sirih merah mengandung alkaloid, antioksidan, dan vitamin C. Kandungan inilah yang akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar.

Apabila anda mengalami luka bakar ringan, cukup ambil beberapa lembar daun sirih merah lalu hancurkan dan tempelkan ke bagian tubuh yang terbakar.

4. Obat Gusi Berdarah.

Manfaat daun sirih merah lainnya yaitu mampu meredakan pendarahan pada gusi. Hal tersebut karena daun sirih merah mengandung saponin, kalsium, fosfor dan tanin, yang mampu meredakan pendaraan karena peradangan pada gusi.

Anda cukup rebus 10 lembar daun sirih merah, lalu air rebusan tersut pakai untuk berkumur minimal sehari tiga kali.

5. Mengurangi Bau Badan.

Daun sirih merah mengandung estradiol dan klavikula. Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat.

Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

Anda juga bisa mengaplikasikan tumbukan daun sirih ke ketiak secara teratut untuk mengatasi bau badan.

Baca Juga : 4 Khasiat Daun Sirih yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mengobati Mata Katarak

6. Mengatasi Bau Mulut.

Manfaat daunsirih merah selanjutnya adalah mengatasi bau mulut. Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut.

Sifat antiseptik pada sirih merah ampuh membunuh bakteri mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut

7. Pengobatan Payudara Bengkak.

Daun sirih dapat mengobati payudara bengkak setelah menyusui. Daun sirih merah mengandung senyawa allylprokatecol dan carvacrol.

Kandungan senyawa ini akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit Kronis

diabetes
Sumber Gambar : https://non-indonesia-distribution.brta.in/

8.Mengobati Tumor.

Manfaat daun sirih merah selanjutnya yakni mampu mengobati tumor ringan. Daun sirih merah mengandung antioksidan, terpenoiddan flavonoid.

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid dipercaya mampu mengatasi tumor ringan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh dan menghancurkan zat pemicu tumor.

9. Menggobati Diabetes.

Manfaat daun sirih merah berikutnya yakni bisa mengatasi diabetes. Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol, dan pyrene pada daun ini akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang teratur, diabetes dapat teratasi.

Baca Juga : 8 Manfaat Rumput Laut yang Tak Terduga, Salah Satunya Bisa Mencegah Terjadinya Kanker.

10. Mengobati Penyakit Jantung Koroner.

Daun sirih merah bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit jantung/koroner. Anda bisa mencobanya dengan cara menghaluskan tiga lembar daun sirih terlebih dahulu, lalu campurkan dengan buah kemukus, bawang merah, tujuh butir cabai dan jintan.

Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau buah kemukus, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan.

Kemudian tuangi air mendidih dan endapkan. Minum airnya 2 kali sehari. Endapkan ramuan yang sudah dicampurkan tersebut dengan air panas, lalu minum secara rutin.

11. Obat Asam Urat.

Daun sirih merah yang memiliki sifat anti inflamasi, mampu meredakan nyeri otot dan melepaskan zat kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *