Jelajah

4 Khasiat Daun Sirih yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mengobati Mata Katarak

Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh secara merabat dan dapat subur di daerah khatulistiwa. Advertisement Tanaman ini memiliki segudang...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
daun sirih
daun sirih
Sumber : www.deherba.com

Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh secara merabat dan dapat subur di daerah khatulistiwa.

Advertisement

Tanaman ini memiliki segudang khasiat bagi kesehatan Anda terutama untuk daerah mata. Manfaat daun sirih untuk mata ternyata begitu beragam.

Salah satunya adalah untuk menyegarkan mata Anda. Di samping itu, terdapat beberapa khasiat daun sirih lainnya bagi mata Anda yakni sebagai berikut.

Manfaat Daun Sirih untuk Mata

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan mata.

1. Mengobati Mata Bengkak dan Merah

mata bengkak
Sumber Gambar : https://babyandmom.club/

Mata bengkak dan merah adalah dua di antara sekian banyak permasalahan yang amat mengganggu.

Mata bengkak dan merah  bisa disebabkan oleh beberapa alasan di antaranya perubahan hormon di dalam tubuh saat menstruasi tiba, polusi lingkungan Anda hingga terlalu banyak tidur bahkan kurang tidur sekalipun.

Obat mata bengkak dan merah memang banyak dijual di pasaran, akan tetapi obat yang alami jauh lebih baik dibanding obat kimia.

Anda dapat mengatasi permasalahan mata bengkak dan merah tersebut dengan menggunakan daun sirih.

Anda cukup menyiapkan 6 helai daun sirih dna bersihkan. Kemudian, Anda bisa merebus daun sirih tersebut ke dalam dua gelas air dan jangan lupa untuk memberikan sedikit garam.

Setelah mendidih, angkat daun dan biarkan air tersebut dingin. Air rebusan itulah yang dapat Anda jadikan sebagai obat mata bengkak dan merah dengan cara merendam mata Anda secara terbuka ke dalam air rebusan itu.

2. Terapi Mata Minus

mata minus
Sumber Gambar : https://www.eyecare2020.net/

Mata minus atau miopia adalah salah satu kelainan pada mata yang membuat Anda tidak bisa melihat pada jarak yang jauh.

Kelainan ini bisa disebabkan karena beberapa alasan seperti terlalu lama beraktivitas di tempat yang gelap, terlalu dekat dalam membaca buku, membaca sambil tiduran hingga pola makan yang tidak sehat.

Tahukah Anda bahwa daun sirih ternyata bisa digunakan untuk terapi mata minus. Anda dapat menggunakan daun sirih yang sudah tua untuk melakukan terapi mata minus Anda.

Berbeda dengan mengobati mata bengkak dan merah, dalam melakukan terapi mata minus dengan menggunakan daun sirih Anda hanya perlu melipatnya menjadi empat bagian dan kemudian jadikan masker mata selama tidur.

Lakukan terapi tersebut rutin setiap malam dan rasakan manfaat daun sirih bagi mata Anda.

Baca Juga : 7 Manfaat Masker Oatmeal Untuk Wajah dan Cara Membuatnya

3. Mengobati Mata Katarak

katarak
Sumber Gambar : https://doktersehat.com/

Manfaat daun sirih untuk mata Selanjutnya adalah mengobati mata katarak. Katarak adalah salah satu permasalahan pada mata yang begitu berbahaya. Anda tidak boleh menyepelekan penyakit satu ini.

Salah satu cara untuk mengobati penyakit mata katarak adalah dengan menggunakan daun sirih.

Akan tetapi, daun sirih merah dinilai lebih banyak memberikan manfaat bagi kesembuhan penyakit mata katarak dibanding daun sirih hijau.

Anda dapat mengobati penyakit mata katarak tersebut dengan menyiapkan kurang lebih 20 lembar daun sirih merah dan jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih.

Tumbuk daun sirih tersebut dan letakkan pada bagian bawah mata. Ingat, jangan langsung ditempelkan pada bola mata. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk menyembuhkan penyakit mata katarak.

4. Mengobati Mata Gatal

menggosok mata
Sumber Gambar : https://abelszeps.com.ar/

Mata gatal bisa disebabkan karena iritasi. Tahukah Anda bahwa selain obat mata yang dijual di pasaran, terdapat daun sirih yang juga bisa mengobati mata gatal.

Anda bisa menggunakan air daun sirih yang telah direndam dengan air hangat sebelumnya untuk mencuci mata Anda. Cara ini terbilang ampuh untuk meredakan mata gatal.

Selain dapat mengatasi rasa gatal yang ada pada mata Anda, daun sirih juga dapat Anda gunakan untuk menyegarkan penglihatan Anda.

Baca Juga : 11 Manfaat Daun Sirih Merah yang Terbukti Mampu Mengobati Penyakit Ringan ataupun Kronis.

Empat manfaat daun sirih untuk mata tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi Anda.

Akan tetapi, jauh lebih baik jika Anda mencegah penyakit mata tersebut dibanding mengobatinya.

Advertisement

Selaras dengan kata pepatah yang berucap bahwa mencegah jauh lebih baik dibanding mengobati. Setuju?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *