Jelajah

Jangan Dibuang!! Ternyata Ini Sederet Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuhmu

Manggis merupakan salah satu buah eksotis yang memiliki rasa asam namun manis. Manggis merupakan salah satu buah yang digemari banyak orang. Selain...

Written by Widi · 3 min read >
kulit manggis
kulit manggis
Sumber : kiatfit.com

Manggis merupakan salah satu buah eksotis yang memiliki rasa asam namun manis. Manggis merupakan salah satu buah yang digemari banyak orang.

Selain karena rasa buahnya yang enak, manfaat kulit manggis bagi kesehatan juga tidak sedikit. Manggis mengandung berbagai macam zat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Saking banyaknya manfaat yang dapat didapatkan dari buah manggis, buah manggis ini sampai disebut sebagai ratu buah.

Selain itu karena banyaknya manfaat bagi tubuh yang dapat diperoleh dari buah dan kulit manggis, banyak perusahaan yang kemudian memproduksi berbagai macam suplemen yang menggunakan kulit manggis sebagai bahan dasarnya.

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut banyak penelitian yang sudah dilakukan, kulit manggis mengandung zat Xanthones. Zat Xanthones inilah yang membuat kulit menggis menjadi sangat berharga.

zat Xathones ini merupakan zat yang dapat mencegah dan mengobati berbagai macam masalah kesehatan seperti diabetes, kanker, serta dapat digunakan untuk membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.

Selain mengandung zat Xanthose, kulit manggis juga mengandung beraneka ragam nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga dan mempertahankan kesehatannya.

Beberapa zat yang terkandung di dalam kulit manggis diantaranya adalah vitamin, mineral, dan asam amino, selain itu kulit manggis juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

1. Menjaga dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Serta Imunitas di Dalam Tubuh.

Kekebalan tubuh terhadap penyakit merupakan salah satu hal yang penting di dalam tubuh manusia. Tanpa kekebalan tubuh akan virus dan penyakit yang baik, tubuh manusia akan lebih mudah terserang kesehatannya.

Mengkonsumsi ekstrak dari kulit manggis ini dapat dilakukan sebagai salah satu cara dalam upaya membantu tubuh dalam menjaga dan meningkatkan kerja dari sistem kekebalan dan imun tubuh.

2. Membantu Tubuh Dalam Mencegah Radang atau Inflamasi.

Peradangan atau inflamasi bisa terjadi baik di dalam maupun di dalam tubuh. Bagian tubuh yang meradang pasti akan menyebabkan keseimbangan kesehatan tubuh terganggu.

Oleh karena itu, kulit manggis dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk mencegah bahkan mengobati peradangan atau inflamasi yang terjadi pada tubuh Anda.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah Berlebih di Dalam Tubuh.

Kadar gula darah seseorang yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dengan mengonsumsi olahan dari kulit manggis atau ekstrak kulit manggis adalah kandungan di dalamnya yang mampu membantu tubuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah di tubuh manusia.

4. Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes.

Kebanyakan orang yang menderita diabetes penyebab utamanya adalah karena resistensi insulin. Ekstrak yang didapatkan dari kulit manggis inilah yang bisa digunakan sebagai salah satu obat yang menyembuhkan dan mencegah resistensi insulin pada tubuh.

5. Dapat Mengontrol Tekanan Darah Pada Tubuh dan Mencegah Terjadinya Hipertensi.

Hipertensi atau penyakit yang disebabkan dari tekanan darah yang terlalu tinggi masih ditakuti oleh banyak orang hingga saat ini.

Padahal dengan mengonsumsi ekstrak dari kulit manggis ini, masalah tekanan darah yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa diselesaikan dengan mudah.

Kandungan yang terdapat di dalam ekstrak kulit manggis dipercaya dapat mengontrol tinggi rendah yang sesuai bagi tubuh seseorang.

Dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis, tubuh menjadi lebih mudah untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil sehingga menurunkan resiko terjadinya hipertensi.

Baca Juga : Intip 7 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Tidak Diketahui Banyak Orang

6. Membantu Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol.

Selain dapat membantu tubuh dalam mencegah dan mengobati penyakit diabetes, ekstrak kulit manggis juga dapat mebantu tubuh dalam mencegah dan mengobati penyakit kolesterol.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan yang terdapat di dalam ekstrak kulit manggis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.

7.  Ekstrak kulit Manggis Dapat Digunakan Untuk Mengobati Asma.

Gejala yang dialami seseorang ketika mengalami penyakit asma sangatlah mengganggu. Gejala yang dialami bisa menyebabkan sesak nafas atau mengalami kesulitan bernafas. Dengan mengonsumsi ekstrak dari kulit manggis ini akan dapat meringankan berbagai macam gejala penyakit asma tersebut.

8. Dapat Menghilangkan Jerawat.

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kulit manggis juga memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan bagi kesehatan kulit salah satunya yaitu dapat menghilangkan jerawat.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dirasakan oleh banyak orang. Mengonsumsi kulit manggis dipercaya menjadi salah satu obat pencegah dan penyembuh jerawat yang ampuh.

9. Membantu Tubuh Dalam Menjaga Kesehatan Jantung.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian dengan presentasi yang cukup tinggi.

Memiliki jantung yang sehat merupakan keinginan dari semua orang. Berbagai zat dan nutrisi yang terkandung di dalam kulit manggis dipercaya dapat membantu tubuh dalam melancarkan peredaran darah.

Dengan peredaran darah yang lancar ini secara tidak langsung akan mencengah terjadinya penyakit jantung koroner.

10. Kulit Manggis Dapat Membantu Tubuh Dalam Melancarkan Sistem Pencernaan.

Sistem pencernaan yang sehat merupakan kunci utama untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kulit manggis memiliki banyak kandungan yang bisa membantu tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan penyakit pada sistem pencernaan itu sendiri.

Baca Juga : Mengenal 6 Manfaat Susu Kedelai Salah satunya Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

11. Ekstrak kulit Manggis Dapat Membunuh Bakteri Dalam Tubuh.

Bakteri-bakteri yang ada dan masuk ke dalam tubuh bisa saja menjadi penyebab berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan.

Ekstrak kulit manggis memiliki fungsi alami untuk membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh manusia sehingga mengurangi resiko muncul dan berkembangnya bakteri dan virus di dalam tubuh.

12. Kandungan Pada Kulit Manggis Dapat Mencegah dan Menjadi Obat Kanker.

Salah satu keunggulan yang dimiliki kulit manggis yaitu dapat membunuh dan mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Hal ini disebabkan karena kulit manggis merupakan salah satu obat yang tinggi akan kadar antioksidan dan bisa membunuh bakteri jahat di dalam tubuh manusia.

13. Kulit Manggis Dapat Mengobati Sariawan dan Gusi Berdarah.

Sariawan dan gusi berdarah adahlah salah satu penyakit yang sepele namun sangat mengganggu. Saat mengalami sariawan atau gusi berdarah maka aktivitas sehari-hari juga menjadi terganggu.

Dengan menggunakan kulit manggis sebagai obat sariawan dan gusi berdarah akan segera sembuh karena kulit manggis mengandung banyak vitamin dan merupakan anti bakteri yang sangat baik.

Itulah manfaat kulit manggis bagi kesehatan yang bisa harus Anda ketahui. Semoga setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa didapat setelah mengonsumsi ekstrak kulit manggis ini membuat Anda menjadi termotivasi untuk mulai sesegera mungkin mengonsumsi ekstrak dari kulit manggis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *