Jelajah

9 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang memiliki banyak sekali manfaat di dalam berbagai bidang. Selain memiliki banyak manfaat di bidang kecantikan,...

Written by Widi · 3 min read >
minyak zaitun
minyak zaitun
Sumber : https://i.ytimg.com/

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang memiliki banyak sekali manfaat di dalam berbagai bidang.

Selain memiliki banyak manfaat di bidang kecantikan, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh juga tidak kalah banyaknya

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk menyisihkan uang untuk membeli minyak zaitun atau olive oil untuk dikonsumsi.

Minyak zaitun dihasilkan dari pohon buah zaitun. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat karena di dalamnya terkandung banyak zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Dalam satu sendok makan minyak zaitun terkandung sekitar 120 kalori, 14 gram lemak yang 9,8 gramnya merupakan lemak baik, 1 mg vitamin K, 9 mg vitamin E, minyak bebas gula, karbohidrat, protein, dan tinggi vitamin A.

Beberapa Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Selain mengandung berbagai macam zat yang berguna bagi kesehatan tubuh, salah satu kandungan penting yang terkandung dalam minyak zaitun adalah adanya asam oleat.

Asam oleat ini merupakan salah satu komponen yang dapat membantu tubuh dalam melawan kerusakan atau penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Asam oleat juga baik bagi kesehatan jantung.

1. Membantu Tubuh Dalam Menjaga Kesehatan Jantung

kesehatan jantung
Sumber : Elespectador.com

Banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik atau  dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

Manfaat lainya adalah  membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh lebih baik dibandingkan dengan melakukan diet rendah lemak maupun tinggi karbohidrat.

Hal ini disebabkan karena adanya antioksidan polifenol yang sifatnya antiradang dan memiliki manfaat baik bagi kesehatan kardiovaskuler.

Journal of Cardiovascular Pharmacology juga menerbitkan sebuah hasil penelitian yang menjelaskan tentang infeksi kronis.

Infeksi ini berbahaya untuk kesehatan arteri dan jantung. Hal dapat dicegah dan dihindari dengan mengkonsumsi minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat membantu tubuh untuk memutarbalikkan efek dari radang yang disebabkan oleh infeksi tersebut.

Baca Juga : 8 Kebiasaan Sederhana yang Buat Jantungmu Sehat.

2. Membantu Tubuh Dalam Menurunkan Tekanan Darah Yang Terlalu Tinggi.

tekanan darah
Sumber : hellosehat.com

Penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya yang ditakuti oleh banyak orang.

Namun banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dapat membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi atau hipertensi.

Minyak zaitun yang dikonsumsi ini dapat membuat nitrit oksida di dalam tubuh lebih aktif sehingga kapasitas di dalam pembuluh darah manusia menjadi lebih besar dan bersih.

3. Mencegah Berbagai Macam Infeksi.

Imun seseorang terkadang dapat berbalik menyerang dirinya sendiri dan menyebabkan infeksi pada tubuh.

Imun seseorang dapat bebalik menyerang dirinya sendiri ini dapat disebabkan dari berbagai faktor misalnya karena kurangnya gizi dalam tubuh, atau bahkan stres yang dialami seseorang.

Jika ketika imin berbalik menyerang dirinya sendiri tidak segera ditangani, maka ini akan mengakibatkan terjadinya infeksi yang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin maka masalah ini dapat teratasi karena minyak zaitun memiliki zat yang anti radang.

4. Mencegah dan Mengobati Timbulnya Kanker.

mencegah kangker
Sumber : hellosehat.com

Pada tahun 2004 European Journal of Cancer Prevention menerbitkan sebuah riset yang telah dilakukan yang membuktikan bahwa buah zaitun maupun minyak zaitun mengandung banyak zat antioksidan.

Salah satunya adalah acteoside, tyrosol, hydroxytyrosol, dan asam fenil propionat.

Selain mengandung banyak antioksidan, minyak zaitun juga mengandung zat-zat anti kanker yaitu squalene, terpenoid, lignan, serta asam oleat.

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam minyak zaitun inilah yang menyebabkan minyak zaitun dapat mencegah bahkan membunuh sel kanker.

5. Mencegah Berat Badan Berlebihan atau Obesitas.

obesitas
Sumber : https://pbs.twimg.com/

Berat badan berlebih atau yang sering disebut dengan obesitas disebabkan karena tingginya insulin di dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol kadar insulin yang berlebihan.

Lemak tak jenuh ini memiliki sifat yang mengenyangkan sehingga perut menjadi tidak mudah lapar.

Para ahli dari Universitas Hospital Basel di Switzerland pernah melakukan lima kali percobaan dengan 447 partisipan.

Hasilnya menjelaskan bahwa mereka yang melakukan diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat menghasilkan penurunan berat badan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet rendah lemak.

Pada percobaan dan penelitian lain yang diterbitkan oleh Women’s Health Journal pelaku diet yang menggunakan minyak zaitun secara rutin selama delapan minggu mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dibandingkan pelaku diet rendah lemak.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Otak.

Otak merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting di dalam tubuh manusia yang sebagian besar bagiannya tersusun dari asam lemak.

Maka dari itu, minyak zaitun bisa menjadi salah satu sumber asupan gizi yang baik bagi otak yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

Selain meningkatkan konsentrasi dan menjaga daya ingat, minyak zaitun juga membantu untuk menjaga dan mencegah melemahnya kemampuan kognitif otak.

Pemicunya adalah stres, oksidasi, bahkan oleh serangan dari protein beracun yang menjadi penyebab utama dari demensia atau alzhaimer atau ADDL.

7. Membantu Memperbaiki Gangguan Mood Hingga Depresi.

manajemen stress
Manajemen stress. Sumber : www.womenshealth.gov

Lemak sehat yang banyak terkandung dalam minyak zaitun dapat menyeimbangkan hormon yang berfungsi untuk mencegah disfungsi transmiter pada saraf.

Minyak zaitun juga mengandung serotonin atau dopamin sehingga dapat menjadi salah satu asupan hormon bahagia sehingga gangguan mood tidak akan terjadi.

8. Menjaga Kesehatan Kulit.

Kecantikan
Sumber : nangmuislinedep.com.vn

Selain menjadi antioksidan, minyak zaitun juga mengandung kadar vitamin E yang tinggi. Kandungan itulah yang membuatnya bagus bagi kesehatan kulit.

Minyak zaitun dapat melembabkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, melawan infeksi pada kulit, dan melawan ketidak seimbangan hormon yang menyebabkan jerawat, eksim, dan penyakit kulit yang lainnya.

9. Membantu Menyeimbangkan Kadar Hormon di Dalam Tubuh.

Image via www.google.com

Kadar hormon yang seimbang sangatlah berpengaruh dalam tubuh. Dengan memiliki kadar hormon yang seimbang, Anda bisa meminimalkan resiko terjadinya gangguan yang disebabkan oleh haid, infertilitas, bahkan menopouse.

Minyak zaitun memberikan berbagai macam lemak esensial yang dapat meregulasi beberapa kelenjar diantaranya kelenjar tiroid, pituitari, dan adrenal.

Kelenjar-kelenjar tersebut adalah kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi dan menyeimbangkan hormon seksual pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh yang bisa menjadi reverensi Anda.

Jadi setelah mengetahui banyaknya manfaat minyak zaitun yang dapat dirasakan bagi tubuh, tidak ada salahnya untuk mulai rutin mengonsumsi minyak zaitun.

Walaupun harganya tidak murah, namun mengonsumsi minyak zaitun dapat menjadi salah satu antisipasi dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *