Jelajah

Inidia 8 Manfaat Rumput Laut yang Tak Terduga, Salah Satunya Bisa Mencegah Terjadinya Kanker

Rumput laut memang banyak kita jumpai untuk pelengkap minuman dingin yang sering kita konsumsi saat musim panas. Anda yang berpendapat jika rumput...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
Rumput Laut
Rumput Laut
Sumber : 1.bp.blogspot.com

Rumput laut memang banyak kita jumpai untuk pelengkap minuman dingin yang sering kita konsumsi saat musim panas.

Anda yang berpendapat jika rumput laut hanya untuk sekedar tambahan minuman dingin saja, mungkin belum tahu manfaat rumput laut bagi kesehatan itu begitu menjanjikan. Belum lagi tidak ada efek samping meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang.

Lantas apa saja manfaat yang bisa didapat dari rumput laut? Sebelum membahas mengenai hal tersebut, Anda juga harus mengenali apa saja kandungan dari rumput laut.

Ada banyak kandungan rumput laut yang begitu bagus untuk kesehatan. Contoh kandungannya seperti serat, vitamin, magnesium, karbohidrat, mangan, tembaga,folat dan masih banyak lainnya.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

Kandungan yang disebutkan tadi ternyata memberi efek luar biasa pada kesehatan seseorang sehingga wajar Anda harus mengkonsumsinya sekarang juga. Berikut daftar manfaat rumput laut untuk kesehatan manusia:

1. Membantu Kelancaran Sistem Pencernaan Pada Tubuh

Rumput laut memiliki kandungan yang sangat bagus untuk membantu kelancaran pencernaan tubuh. Jika dikonsumsi setiap hari, rumput laut sangat bagus untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan manusia.

Tenang saja karena tidak akan ada efek sampingnya mengingat bahan alami yang dimiliki oleh rumput laut itu sendiri.

Rumput laut memiliki kandungan tinggi serat yang bagus untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan di pencernaan manusia.

Bukan hanya itu saja, kandungan polisakarida didalamnya juga membantu untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri. Dengan terjaganya pencernaan, maka berat badan bisa terkendali dengan baik.

2. Menjaga Kadar Hormon Pada Tubuh

Manfaat lain rumput laut untuk kesehatan adalah bisa menjaga hormon didalam tubuh manusia. Rumput laut kaya akan kandungan vitamin K.

Inilah yang membuatnya bagus karena memberikan efek produksi kelenjar adrenal yang bagus. Kelenjer ini bagus untuk keseimbangan organ dan membuat organ bisa terjaga dengan baik kinerjanya.

Untuk olahan rumput laut juga sangat beragam supaya mendapat hasil maksimalnya. Sebut saja bisa dibuat untuk es rumput laut dengan tambahan susu sehingga sangat menyegarkan.

Ataupun juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jelly atau sebagainya. Untuk masalah ini Anda bisa menyesuaikan selera masing-masing.

3. Meningkatkan Kadar Libido Didalam Tubuh

Manfaat rumput laut untuk kesehatan lainnya adalah untuk meningkatkan kadar libido didalam tubuh seseorang. Libido adalah hormon seks yang sangat bagus untuk membuat gairah seks seseorang semakin besar.

Dengan begitu, saat berhubungan seks, setiap pasangan bisa mendapat klimaks yang memberi kenikmatan luar biasa nantinya.

Bukan hanya bisa menambah kadar libido didalam tubuh seseorang saja. Namun rumput laut juga bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan seseorang.

Inilah yang membuat rumput laut bisa menambah peluang untuk mendapat keturunan nantinya. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari di pagi hari supaya nanti mendapat hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga : 9 Manfaat Jahe Merah dari Mengatasi Ejakulasi Dini Hingga Mencegah Kemandulan

4. Mencegah Terjadinya Kanker

Mengkonsumsi rumput laut secara rutin juga mampu untuk mencegah terjadinya kanker yang sering membayangi sebagian besar orang.

Hampir semua kanker bisa ditumpas atau dicegah dengan kandungan rumput laut ini. Contohnya adalah kandungan fucoidan yang mampu membunuh dan juga menghambat terjadinya sel kanker didalam tubuh seseorang.

Untuk mengantisipasinya Anda bisa mengkonsumsi rumput laut dan berbagai olahan didalamnya. Tenang saja meskipun Anda mengkonsumsi rumput laut dalam jangka panjang, Anda tidak akan mendapat efek sampingnya. Pasalnya bahan didalamnya tidak mengandung kimia sehingga aman bagi kesehatan tubuh pengkonsumsinya.

5. Mempercepat Penyembuhan Pada Luka

Manfaat rumput laut juga cocok untuk Anda yang memiliki luka. Ini disebabkan karena kandungan rumput laut yang kaya akan vitamin k didalamnya.

Dimana vitamin ini memang memiliki peran penting karena berkoodinasi dengan trombosit atau jenis sel untuk membentu gumpalan dan juga pembekuan darah.

Vitamin K didalam rumput laut bakal mengirimkan sinyal kimia untuk trombosit sehingga mau mengumpulkan darah dan juga membekukannya.

Jadi tidak heran Anda yang sering mengkonsumsi rumput laut bisa mendapati luka yang cepat mengering atau darah yang berhenti dengan cepat.

6. Meningkatkan Stamina Tubuh

Kandungan terbesar dari rumput laut adalah zat besi. Zat besi mampu meningkatkan stamina dan energi pada tubuh seseorang sehingga tidak loyo saat beraktivitas.

Manfaat rumput laut ini adalah memproduksi energi yang digunakan untuk menjalankan semua aktivitas harian Anda. Kekurangan zat besi pada tubuh akan menyebabkan anemia sehingga membuatmu lemah dan tampak lesu sepanjang hari.

Semangkuk rumput laut memiliki kandungan 1,1 atau 0,8 mg zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Masukkan rumput laut kedalam makanan harianmu akan sangat membantu untuk mencapai kebutuhan 8 mg zat besi setiap hari pada laki laki dan 18 mg pada perempuan.

Baca Juga : Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari Bisa Membuat Kulit Wajahmu Terlihat Cantik

7. Mencegah Terjadinya Sel yang Rusak Didalam Tubuh

Manfaat rumput laut untuk masalah kesehatan lainnya adalah bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sel tubuh manusia.

Cara kerjanya adalah dengan menurunkan reaktivitas dan juga radikal bebas yang ada didalam tubuh manusia. Produksi radikal bebas berlebihan adalah penyebab utama penyakit didalam tubuh muncul tanpa henti.

Jadi jika Anda rutin mengkonsumsi rumput laut, kemungkinan rusaknya sel pada tubuh bisa diminimalisir. Hal ini membuat Anda tidak akan terjangkit penyakit yang membuatmu tidak bisa melakukan aktivitas harian.

Flavonoid dan juga karotenoid merupakan dua komponen rumput laut yang bagus untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas tersebut.

8. Menjaga Kinerja Jantung Dengan Baik

Rumput laut memiliki kandungan asam lemak omega 3, serat larut dan juga zat antioksidan yang sangat tinggi. Dimana semua bahan tersebut sangat bagus untuk kinerja dan juga kesehatan jantung itu sendiri.

Penelitian yang telah dilakukan oleh lembaga kesehatan internasional menyebutkan bahwa kandungan gizi yang ada didalam rumput laut mampu mengurangi kandungan kolesterol jahat didalam tubuh.

Bukan hanya itu saja, kandungan rumput laut tersebut juga bisa mencegah terjadinya pembekuan darah. Selain itu juga bisa menurunkan tekanan darah dan masih banyak lainnya.

Dengan bukti ini tentu saja rumput laut sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang memang memiliki masalah jantung. Tenang Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari tanpa takut efek samping mengingat bahannya jauh dari kimia.

Rumput laut bisa kita temukan di sekitar kita dalam banyak olahan. Anda yang ingin mendapat manfaat dari rumput laut ini bisa mengkonsumsinya sesuai selera dan kemauan saja. Ingat, Anda juga harus menggunakan pertimbangan yang baik.

Manfaat rumput laut bagi kesehatan ini bakal Anda dapat dengan maksimal jika dibarengi dengan olahraga, pola makan yang sehat dan juga pola hidup sehat.

Dengan begitu, manfaat yang Anda terima bakal benar-benar maksimal nantinya.  Yang paling penting disini adalah mindset bahwa Anda bisa sembuh dari masalah kesehatan yang Anda derita dan sering-seringlah berdoa agar penyakit segera diangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *