Jelajah

Rutin Minum Teh Hijau Tiap Pagi, Ini Manfaat yang Anda Dapatkan

Manfaat teh hijau bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi karena banyak yang sudah membuktikannya. Teh hijau  atau Greentea merupakan tanaman yang mempunyai...

Written by Widi · 3 min read >
Manfaat Teh Hijau
Manfaat Teh Hijau
Sumber : doktersehat.com

Manfaat teh hijau bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi karena banyak yang sudah membuktikannya. Teh hijau  atau Greentea merupakan tanaman yang mempunyai banyak khasiat bagi tubuh.

Manfaatnya untuk kesehatan juga sangat beragam, mulai dari menambah kecantikan wajah, mendukung kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, kandungannya juga bisa menurunkan berat badan hingga masalah kesehatan lainnya.

Tidak heran jika greentea bagus untuk kesehatan tubuh. Mengingat didalamnya mempunyai berbagai kandungan yang bagus.

Contohnya seperti kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk tubuh. Antioksidan yang dimaksud adalah polifenol, asam amino, enzim dan masih banyak lainnya. Disamping itu, makanan ini juga mengandung potasium, mangan, kafein hingga vitamin B.

Manfaat Greentea Bagi Kesehatan Tubuh Yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Sebelum mengkonsumsi greentea secara rutin, perlu Anda ketahui dulu berbagai manfaat dari greentea itu sendiri. Banyak manfaat lengkap teh hijau yang bisa Anda coba di rumah masing-masing, berikut adalah manfaatnya:

1. Membuat Kulit wajah Lebih Cantik

wanita manis

Manfaat greentea yang paling utama adalah membuat kulit wajah lebih cantik dan bersih. Penelitian yang dilakukan tahun 2003 menyebutkan bahwa mengkonsumsi greentea secara rutin bisa membuat racun didalam kulit keluar.

Bukan hanay itu, zat didalamnya juga bisa menyembuhkan noda bekas luka, meningkatkan elastisitas kulit hingga mengurangi radang pada kulit. Penelitian ini dilakukan oleh Medical College of Georgia.

2. Mengurangi Lingkaran Hitam dan Mata Bengkak

Greentea mengandung antioksidan dan tanin yang memberi manfaat luar biasa bagi tubuh. Contoh manfaatnya adalah sangat bagus untuk mengobati mata bengkak.

Selain itu juga bagus untuk mengurangi mata panda atau lingkaran hitam pada bawah mata. Zat alami tersebut membantu pembuluh darah untuk menyusutkan kulit halus pada sekitar mata. Yang akhirnya juga bisa mengurangi radang dan pembengkakan disekitarnya.

3. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Manfaat lain greentea adalah mencegah penuaan dini pada kulit yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar masyarakat.

Hal ini dikarenakan greentea mempunyai kandungan polifenol. Zat ini membantu menetralisir radikal bebas berbahaya pada kulit.

Yang akhirnya bisa menyebabkan rusaknya kulit secara signifikan. Kandungan tersebut juga memperlambat penuaan diri pada kulit seperti umumnya.

4. Membantu Pergerakan Sel Lemak

Bukan hanya untuk kecantikan wajah saja, teh hijau juga bermanfaat untuk program diet yang Anda lakukan. Contohnya saja, greentea memiliki kandungan khusus yang berfungsi untuk memindahkan lemak didalam sel lemak itu sendiri.

Wajar untuk membakar lemak, hal pertama adalah memecah sel lemak dan memindahkannya ke aliran darah. Proses tersebut bisa Anda dapat dengan mengkonsumsi greentea secara rutin.

Pasalnya kandungannya yang baik untuk tubuh, contohnya kafein dan juga EGCG alias Epigallocatechin gallate.

5. Bahan Terbaik Untuk Toner Kulit

Greentea bisa menjadi bahan terbaik untuk toner kulit yang telah dibuktikan secara medis. Ya, manfaat greentea  untuk kulit ini memang bagus untuk menarik kotoran yang ada di dalam kulit.

Selain itu kandungannya juga bagus untuk menghidrasi kulit dan juga memperkecil pori kulit itu sendiri. Tidak heran greentea menjadi bagian soluti yang terbaik untuk masalah kulitmu.

Baca Juga : Segudang Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

6. Menjadi Obat Jerawat Paling Mujarab

jerawat
Sumber : s0.bukalapak.com

Greentea memiliki kandungan katekin yang bagus untuk dijadikan obat jerawat. Tidak heran karena katekin memiliki kandungan anti bakteri. Selain itu ada juga anti inflamasi yang merupakan penyebab utama munculnya jerawat pada wajah.

Penelitian pada tahun 2012 menyimpulkan bahwa epogallocatechin 3 gallate sangat bagus untuk wajah. Zat ini adalah komponen utama greentea yang membantu mengobati jerawat.

Manfaat lainnya jyga untuk emodulasi target molekuler intraseluler serta menghambat bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

7. Mampu Untuk Meningkatkan Pembakaran Lemak Pada Tubuh

Anda ingin pembakaran lemak pada tubuh lebih maksimal, terutama saat melakukan aktivitas olahraga? Anda bisa mengkonsumsi greentea secara rutin.

Manfaat mengkonsumsi teh hijau lainnya adalah meningkatkan jumlah pembakaran lemak didalam tubuh yang sering kita alami ketika sedang olahraga.

Hal tersebut terlihat dari penelitian pada ilmuwan yang telah dibuktikan dengan menyuruh orang mengkonsumsi teh hijau sebelum melakukan olahraga.

Hasilnya sebanyak 17% lemak didalam tubuh bisa terbakar lebih banyak dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi greentea tadi.

8. Mampu Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh Seseorang

Supaya diet yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik, maka perlu sistem metabolisme yang baik dan stabil didalam tubuh.

Anda bisa mencapainya dengan mengkonsumsi greentea secara alami setiap hari. Banyak orang yang sukses menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi greentea yang ditambahkan dengan olahraga ruti setiap hari.

9. Membantu Untuk Mengkonsumsi Sedikit Kalori

Teh hijau mempunyai kandungan zat yang bisa mengurangi nafsu makan seseorang. Hal ini membuatnya sangat bagus untuk upaya menurunkan berat badan yang Anda lakukan.

Greentea memiliki kandungan untuk mengontrol kalori didalam tubuh seseorang. Sedangkan langkah terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengontrol kalori didalam tubuh.

10. Menghilangkan Lemak Abdominal

Apakah Anda sudah tahu apa itu lemak abdominal? Lemak ini adalah jenis lemak yang bersarang di kulit, khususnya bawah kulit dan sangat berbahaya.

Kenapa bisa disebut bahaya? Karena lemak ini menyebabkan radang didalam tubuh.; Yang lebih parah juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan juga resistensi insulin sehingga sangat menganggu tubuh.

Penelitian yang sudah dilakukan menyebutkan bahwa mengkonsumsi greentea secara rutin bisa membantu membakar lemak ini dengan baik. Sehingga tidak heran bagus untuk kesehatan tubuh seseorang.

11. Meningkatkan Kinerja Otak

wanita cerdas
Sumber : brainly.com.br

Kafein didalam greentea adalah bahan aktif yang membantu untuk mendukung kinerja atau fungsi otak menjadi lebih baik.

Karena pada umumnya kafein ini masuk kedalam otak dan mampu memblokir neurotransmitter yang menghambat kinerja otak atau yang kerap disebut adenosine.

Dengan cara tersebut, akhirnya penembakan neuron dan juga konsentrasi neurotransmitter seperti norepinefrin dan dopamine semakin bagus dan lancar. Hasil akhirnya, fungsi otak dan kinerja semakin bagus dan meningkat tajam.

12. Menurunkan Resiko Terjadinya Kanker Didalam Tubuh

Greentea memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi. Karena kandungan inilah, greentea bisa mencegah terjadinya kanker karena merusak sel kanker yang ada didalam tubuh seseorang.

Perlu Anda ketahui bahwa rusaknya oksidatif yang berkontribusi didalam tubuh mampu menjadi penyebab utama perkembangan berbagai kanker didalam tubuh.

Sedangkan zat antioksidan didalam greentea bisa menangkalnya dengan baik. Sehingga sel kanker yang tumbuh didalam tubuh bisa hancur bahkan tidak muncul lagi.

Akhirnya Anda yang sering mengkonsumsi greentea secara rutin bisa terhindar dari berbagai kanker. Mulai dari kanker usus, prostat, payudara dan sebagainya.

Masih banyak manfaat mengkonsumsi greentea bagi kesehatan lain yang harus Anda kenali. Contohnya bisa mencegah terjadinya diabetes, mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular hingga meningkatkan kesehatan organ oral seseorang.

Namun tetap saja untuk hasil terbaik, Anda juga harus rajin olahraga dan juga menjaga pola makan dan hidup sehat. Dengan semua kombinasi tersebut, manfaat teh hijau pada kesehatan tubuh bisa dirasakan dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *