Bisnis

Kenali 7 konsep Marketing Mix Untuk Menyusun Srategi Bisnis Anda

Marketing adalah komponen utama dalam sebuat bisnis. Salah satu konsep penting dalam marketing yang perlu Anda pahami adalah marketing mix. Advertisement Apa...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
strategi pasar
Bisnis starup
Apa itu startup. Image via www.google.com

Marketing adalah komponen utama dalam sebuat bisnis. Salah satu konsep penting dalam marketing yang perlu Anda pahami adalah marketing mix.

Advertisement

Apa itu marketing mix? Marketing mix adalah strategi pemasaran yang dapat menentukan kesuksesan bisnis dalam mengejar profit atau keuntungan yang maksimal.

Strategi pemasaran ini menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terpadu.

Elemen di dalam marketing mix itu sendiri dikenal dengan konsep 7P, yaitu products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence.

Mengenal Tujuh Elemen Utama Marketing Mix 7P

Bagan Marketing
Sumber Gambar : idcloudhost.com

Konsep ini dapat digunakan baik oleh bisnis yang baru mulai maupun bisnis yang sudah lama berjalan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai tujuh elemen utama marketing mix 7P:

Baca Juga : 5 Tugas Penting Seorang Marketing Dalam Perusahaan

1. Produk

Produk adalah suatu barang atau jasa yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Poin untama dalam menciptakan produk adalah Anda harus memproduksi produk yang sesuai dengan permintaan konsumen atau pasar.

Sebelum menciptakan produk Anda perlu melakukan riset produk untuk menemukan apa yang dibutuhkan pasar dan solusi apa yang bisa Anda tawarkan. Dengan begitu, produk atau jasa Anda secara otomatis dapat meningkatkan daya saing di pasaran.

Banyak bisnis yang gagal di tengah jalan karena buruknya kualitas riset produk yang dilakukan di awal. Banyak pebisnis terjebak pada menciptakan produk yang hanya mengandalkan ide subjektif, tanpa riset.

2. Harga

pada umumnya, konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum melakukan pembelian.

Mengingat sifatnya yang sangat fleksibel, ada baiknya Anda selalu mengikuti dinamika pasar agar bisa menetapkan harga pada level yang tepat.

Harga yang terlalu rendah bisa membahayakan keberlangsungan bisnis. Di sisi lain, harga yang terlalu tinggi juga akan menyurutkan minat pembeli.

Anda perlu menemukan titik yang tepat di mana konsumen tidak merasa keberatan dan bisnis Anda tetap bisa berjalan. Dalam ilmu ekonomi terdapat istilah Break Even Price, yaitu harga terkecil yang bisa dipasang pada produk agar bisnis tidak merugi.

3. Tempat

Element ini berfokus pada tempat atau lokasi di mana bisnis anda beralan. Di mana, semakin strategis tempat bisnis Anda, semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan perusahaan.

Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis Anda, sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi.

Sebuah bisnis memerlukan lokasi penjualan yang ideal untuk bisa menjangkau target pasar dengan mudah. Pilihlah lokasi yang ideal dengan mempertimbangkan fungsi dan biaya.

4. Promosi

Promosi adalah segala upaya untuk meningkatkan  penjualan produk  dan brand awareness . Konsep ini dapat dilakukan menggunakan berbagai macam media, dari website, media sosial, surat kabar, radio, televisi, digital ads, media online, video online, hingga podcast.

Tujuan dari kegiatan promosi adalah agar konsumen bisa lebih mengenal dan tertarik dengan produk bisnis Anda. Dalam kegiatan ini, Anda harus mampu mengubah presepsi konsumen menjadi positif mengenai bisnis kita.

Kunci utama dalam sebuah promosi adalah Anda dapat menunjukkan bahwa produk Anda sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen, serta dapat menyelesaikan masalah yang mereka alami.

5. Sumber Daya Manusia

Faktor sumber daya manusia sangat menentukan maju atau tidaknya sebuah perusahaan. Tak dapat kita pungkiri bahwa faktor ini berperan penting dalam membuat suatu kemajuan atau bahkan kemunduran dari suatu perusahaan.

Baca Juga : 7 Peran Penting Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perusahaan

6. Proses

Process adalah pengalaman konsumen dari awal mengetahui produk Anda sampai ia melakukan pembelian. Berikan pengalaman pelayanan yang memuaskan bagi konsumen lewat berbagai teknik agar merekapun merasa puas.

Hal terpenting dalam elemen ini adalah konsistensi. Produk atau layanan Anda harus konsisten. Inkonsistensi produk akan merusak pengalaman konsumen dan kemungkinan terburuknya konsumen tidak mau menggunakan produk/layanan Anda lagi.

7. Bukti Fisik

Bukti fisik adalah segala sesuatu yang menyangkut peralatan ataupun fasilitas fisik yang digunakan untuk mendukung aktivitas bisnis yang Anda jalankan.

Konsep bisa berwujud dalam bentuk logo, brosur, souvenir, akses untuk menghubungi customer service, seragam karyawan, event, dan website resmi.

Fasilitas yang digunakan untuk melayani konsumen juga harus diperhatikan. Setiap fasilitas yang digunakan baik yang terlihat maupun tidak terlihat harus dipastikan baik. Fasilitas yang baik dapat mendukung kelancaran pemasaran produk.

Konsep ini penting untuk diketahui oleh semua pemilik bisnis, termasuk Anda. Konsep 7P marketing mix diatas dapat membantu Anda dalam memberikan pelayanan terbaik ke konsumen.

Strategi marketing yang tepat melalui marketing mix dapat menunjang keberhasilan bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Advertisement

Baca Juga : Bisnis Plan Itu Penting!! Bisnis Plan Adalah Peta Strategis Usaha Anda

One Reply to “Kenali 7 konsep Marketing Mix Untuk Menyusun Srategi Bisnis Anda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *