Pekerjaan

Bingung Menentukan Karir? 7 Cara ini Membantumu Memilih Karir yang Tepat.

Memilih karir yang tepat menjadi tolak ukur di dalam dunia kerja. Jika dalam memilih pekerjaan tidak sesuai dengan pribadi Anda, besar kemungkinan Anda...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
Memilih karir yang tepat
Memilih karir yang tepat
Memilih karir yang tepat. Sumber : paralegal-bootcamp.thinkific.com

Memilih karir yang tepat menjadi tolak ukur di dalam dunia kerja. Jika dalam memilih pekerjaan tidak sesuai dengan pribadi Anda, besar kemungkinan Anda tidak dapat bekerja secara maksimal.

Advertisement

Sebagian orang merasa stres dalam bekerja karena kesalahan dalam memilih karir. Agar tidak terjadi pada Anda, maka sebelum menentukan jalan karir sebaiknya perlu dipikirkan secara matang.

7 Pertimbangan Memilih Karir Yang Pas.

Setiap orang pasti mempunyai suatu pekerjaan impian, namun banyak juga yang malah frustasi dalam bekerja. Beberapa pertimbangan dalam memilih karir, antara lain:

1. Kenali Kemampuan dan Minat

Sebelum memilih bidang pekerjaan seperti apa nantinya, Anda harus dapat mengenali kemampuan dan minat. Setelah itu pilihlah satu yang paling kuat atau menonjol dari berbagai kemampuan tersebut.

Misal kemampuan yang paling dikuasai adalah bidang desain dan fotografi, maka hendaklah memilih pekerjaan yang berhubungan dengan hal tersebut, contohnya editor film. Dengan bekerja sesuai kemampuan, maka dalam menjalani sebuah karir akan terasa menyenangkan dan maksimal.

2. Meminta Saran Orang Lain

Dalam menentukan karir perlu juga masukan dari orang lain, bisa orang yang sudah ahi, orang yang berpengalaman, bahkan keluarga dan teman. Secara tidak langsung mereka dapat membantu Anda dalam memilih.

Tanyakan semua hal yang berkaitan dengan informasi pekerjaan, lalu langkah selanjutnya adalah putuskan dimana Anda akan berkarir.

3. Pahami Deskripsi Pekerjaan Tersebut

Pelajari dengan baik deskripsi pekerjaan yang akan Anda geluti. Spesifikasi dari berkas persyaratan, tingkat pendidikan, pengalaman, dan sertifikasi. Setelah itu pahami job desk pekerjaan tersebut apakah cocok atau tidak dengan kemampuan yang dimiliki.

Mempelari job desk pekerjaan tersebut bermaksud sebagai motivasi diri untuk lebih bisa mengenali diri sendiri agar tidak memaksakan tubuh dalam melakukan pekerjaan tersebut.

4. Tentukan Tujuan

Dalam memilih karir pastikan sesuai dengan tujuan atau cita-cita. Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta perhatikan segala kendala dalam mencapai tujuan tersebut.

Jadikan tujuan itu sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih karir dan sebuah pematik semangat dalam bekerja. Dengan begitu pekerjaan pun dapat dilakukan secara optimal.

Baca Juga : 8 Cara ini Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Mu

5. Sesuaikan Dengan Hobi

Ada yang mengatakan pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Seperti halnya pemain sepak bola profesional, selain bisa menyalurkan hobinya bermain sepak bola, mereka mendapatkan gaji di setiap musimnya.

Melakukan suatu hal yang disukai pastilah membuat hati menjadi senang, dengan begitu menjalankan suatu pekerjaan pun menjadi optimal.

6. Melakukan Magang

Bekerja sebagai anak magang membantu Anda mendapat banyak pengalaman di dunia kerja. Pekerjaan magang menjadi salah satu cara untuk membangun jaringan dengan para profesional dan mendapatkan rekomendasi kerja.

7. Berkarir Dengan Sungguh-Sungguh

Tidak mungkin bisa seseorang dapat mencapai puncak karir mereka jika tidak bersungguh-sungguh. Apabila telah yakin memilih karir pekerjaan, hendaklah tekun dan disiplin dalam menjalankannya.

Mungkin Anda sudah menemukan karir impian, namun lingkungan kerja tidak cocok dengan Anda, maka bersabarlah dan terus tekun dalam menjalaninya. Karena mungkin sebagian orang kurang beruntung dalam mendapatkan karir impian mereka.

Memilih karir yang tepat dan sesuai dengan keinginan sebenarnya mudah, cukup kenali segala kemampuan dan minat Anda. Di era saat ini juga dipermudah dengan berbagai informasi lowongan pekerjaan pada website.

Advertisement

Banyak pekerjaan-pekerjaan jenis baru dengan spesifikasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan pula. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kualitas diri Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *