Keuangan

Pengertian Nilai Aktiva Bersih dan Cara Menghitungnya

Nilai aktiva bersih – Apabila kamu melakukan investasi pada reksa dana, pasti sudah sering mendengar tentang nilai aktiva bersih (NAB). Advertisement Dalam...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
aktiva
aktiva
Sumber Gambar ; https://internationalinvestorclub.com/

Nilai aktiva bersih – Apabila kamu melakukan investasi pada reksa dana, pasti sudah sering mendengar tentang nilai aktiva bersih (NAB).

Advertisement

Dalam istilah akuntansi disebut juga Net Asset Value sebagai patokan untuk menilai baik tidaknya kinerja investasi yang dikelola oleh Manajer Pengelolaan reksa dana.

Untuk lebih memperjelas tentang pengertian nilai aktiva bersih dan cara menghitung, kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Perkembangan nilai suatu investasi reksa dana dapat diketahui dengan cara melihat nilai aktiva bersihnya.

Apabila nilai aktiva bersih meningkat maka investasi tersebut dapat dikatakan berkembang. Nilai aktiva bersih merupakan nilai investasi yang dimiliki investor.

Pada suatu reksa dana selain terdapat nilai aktiva bersih juga memiliki NAB unit penyertaan. Dari kedua nilai ini akan menjadi nilai beli atau jual reksa dana.

Pengertian Nilai Aktiva Bersih dan Cara Menghitung

Pengertian Nilai Aktiva Bersih

Nilai aktiva bersih adalah suatu gambaran tentang total kekayaan bersih yang dimiliki oleh sebuah reksa dana pada setiap harinya.

NAB ini akan mengalami perubahan setiap harinya. Beberapa faktor yang mempengaruhi nilai aktiva tetap seperti harga pasar, transaksi jual beli reksa dana, dan perubahan dana kelolaan. NAB merupakan nilai bersih yang sudah tidak dikenakan pajak.

Pada proses perhitungannya, juga dikenal dengan istilah nilai aktiva bersih per unit penyertaan atau NAB/UP.

Arti dari NAB/UP ini adalah nilai atau harga per satu unit penyertaan reksa dana.

Nilai ini dapat dihitung dari NAB yang dibagi dengan total unit penyertaan dari seluruh investor. Ketika membeli reksa dana, maka akan disebut sebagai pemegang unit penyertaan.

Cara Menghitung Nilai Aktiva Bersih

Perhitungan total aktiva bersih berasal dari setiap jenis investasi yang ada di pasar. Contohnya adalah:

  • Saham
  • Obligasi
  • Deposito
  • Surat berharga pasar uang, ditambah dengan dividen saham serta kupon obligasi.

Total nilai tersebut akan dikurangi dengan total biaya operasional, contohnya adalah biaya bank kustodian, biaya MI, dan lainnya. Berikut adalah ilustrasi perhitungannya.

  • Kamu ingin menginvestasikan sejumlah uang di reksa dana. Misalkan jumlah uang yang dimiliki adalah Rp. 10.000.000. NAB awal yang ditentukan oleh reksa dana A adalah Rp. 1.000 per unit penyertaan. Maka jumlah unit yang bisa didapatkan adalah:
perhitungan aktiva
perhitungan aktiv
  • Setelah beberapa waktu berjalan, NAB dari reksa dana yang diinvestasikan mengalami perubahan. Nilainya naik menjadi Rp. 1.100 per Unit Penyertaan atau tumbuh sebesar 10%. Apabila kamu akan menjual unit yang dimiliki pada kondisi ini, maka untuk perhitungan dananya adalah sebagai berikut:

= 9.990 unit x 1.100

= 10.989.000

Total harga ini belum bersih, karena harus dikurangi biaya penjualan apabila diperlukan. Misalnya harga penjualan yang disertakan adalah 0,15% maka nilai bersih dari unit reksa dana yang akan dijual adalah

nilai aktiva
nilai aktiva

Cara Menghadapi Turunnya Nilai Investasi

Dalam proses investasi, ada kalanya terjadi penurunan nilai yang akan berpengaruh pada investasi yang anda ikuti.

Begitu juga di reksa dana ini, mungkin akan terjadi penurunan nilai NAB. Tentunya dana yang yang telah diinvestasikan akan berkurang keuntungannya.

Apabila mendapati hal seperti ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu.

Merubah Strategi Investasi

Untuk mengantisipasi kerugian yang ditimbulkan dari menurunnya nilai investasi, lakukan perubahan strategi investasi. Kamu bisa menjual reksa dana tersebut sebelum nilainya semakin turun.

Hindari melakukan spekulasi dan resiko yang bisa saja justru membuat nilainya semakin menurun dan kerugian yang ditanggung semakin besar.

Tambah Dana dalam Investasi

Apabila kamu ingin menggunakan investasi tersebut dalam jangka panjang, maka bisa dilakukan dengan menambah dana.

Saat nilai mengalami penurunan, akan sangat tepat jika ditambah besarnya dana. Namun perlu diingat, cara ini dilakukan apabila ingin menginvestasikan reksa dana untuk 5 hingga 10 tahun kedepan.

Dalam sebuah investasi reksa dana, nilai aktiva bersih ini sangat berguna untuk melihat pergerakan reksa dana yang dikelola.

Advertisement

Dari pengertian nilai aktiva bersih dan cara menghitung NAB ini, kamu bisa memperkirakan berapa keuntungan yang bisa didapatkan. Perhitungan tersebut membantu untuk menilai apakah perlu melanjutkan atau menunda investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *