Jelajah

10 Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Wajib di Bawa Pulang, Mulai dari Makanan Sampai Souvenir.

Jogja memang terkenal dengan tempat wisata dan tempat nongkrongnya yang sangant menarik. Selain itu kota ini juga terkenal dengan kulinernya yang begitu...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
Bakpia Tugu

Jogja memang terkenal dengan tempat wisata dan tempat nongkrongnya yang sangant menarik. Selain itu kota ini juga terkenal dengan kulinernya yang begitu khas.

Advertisement

Liburan di kota Jogja memang sangat menyenangkan. Tentu Anda tak ingin kenangan tentang Jogja hilang begitu saja, untuk dapat tetap mengingat Jogja tentunya Anda dapat membeli oleh-oleh khas Jogja untuk orang rumah.

Berikut ini adalah referensi oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda bawa pulang dan bagikan dengan orang-orang terdekat.

1. Bakpia Pathok.

Bakpia Pathuk
Sumber Gambar : https://api.omiyago.com/

Camilan ini sudah melekat dan identik dengan Yogyakarta. Jogja terkenal dengan bakpia pathoknya yang khas.

Bakpia merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau dan dimasak dengan cara dipanggang

Bakpia dapat dengan mudah Anda temui di kawasan Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta.

2. Bakpia kukus Tugu Jogja.

bakpia tugu
Sumber Gambar : https://lh3.googleusercontent.com/

Makanan ini berbeda dari ikon sebelumnya, bakpia kukus ini mempunyai tekstur yang empuk dan berbentuk lebih besar.

Selain bentuk dan teksturnya yang menarik dan unik, cita rasa ketika memakan bakpia kukus ini teksturnya lembut dan enak dilidah.

3. Coklat Monggo.

coklat moggo
Sumber Gambar : https://miro.medium.com/

Coklat ini diproduksi oleh seorang WN Belgia yang udah lama tinggal di Jogja. Makanan ini memang bukan makanan khas Jogja. Tapi, di Jogja ada coklat yang gak bakal bisa kamu temukan di kota lain.

Yang bikin coklat ini beda sama coklat merek lain adalah varian rasanya. Ada coklat dengan rasa durian, mangga, jeruk, bahkan rasa cabe.

Bahan yang digunakan untuk membuat coklat ini adalah coklat asli Indonesia, baik dari Pulau Sumatera maupun Jawa. Coklat ini cocok buat oleh-oleh karena awet dan khas Jogja banget.

4. Geplak.

geplak
Sumber Gamabar : https://bisniswisata.co.id/

Geplak adalah panganan berbentuk bulatan warna-warni yang terbuat dari parutan daging kelapa dan gula. Bahan dasarnya berasal dari daerah Bantul di mana di sana sangat mudah ditemui pohon kelapa.

Namun, karena sudah terkenal di mana-mana, kamu gak harus ke Bantul untuk membeli geplak. Makanan ini sudah tersedia hampir di seluruh toko oleh-oleh di Jogja.

Citarasanya yang manis-gurih banyak membuat ketagihan. Geplak ini juga terkenal gak gampang basi

5. Jadah Tempe.

jadah tempe
Sumber Gambar : https://bisnisukm.com/

Makanan khas Jogja ini memang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Jadah adalah makanan olahan ketan sedangkan tempe adalah olahan kedelai yang biasa kita kenal.

Makanan ini menggunakan tempe bacem bercitarasa manis sehingga akan berpadu nikmat dengan rasa jadah yang gurih-asin.

Jadah tempe bisa kamu temui di kawasan Kaliurang. Makanan ini bukan makanan kering jadi memang tak seawet camilan lainnya.

6. Yangko.

yangko (1)
Sumber Gambar : https://www.inibaru.id/

Jika di Jepang ada kue mochi, maka di Jogja ada yangko, perbedaannya adalah pada bentuknya, yangko bentuknya kotak, sedangkan mochi bulat dan lebih lembek dan kenyal.

Yangko, rasanya adalah manis namun akan sangat lembut jika telah masuk ke dalam mulut dan kenyal saat dikunyah.

Kini telah banyak varian rasa dari yangko, namun kesemuanya adalah rasa manis seperti ciri khasnya, mulai dari strawberry, durian, melon, dan buah-buahan lain dijadikan rasa pada oleh-oleh cemilan khas Jogja yang berwarna-warni ini.

7. Blangkon.

Blangkon
Sumber Gambar : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Blangkon adalah penutup kepala khas orang Jawa. blangkon sudah menjadi ikon busana Jogja dan dipakai oleh banyak kaum pria.

Banyak blangkon yang diproduksi masal dan memang diperuntukkan sebagai souvenir atau oleh-oleh khas Jogja bagi wisatawan. Kalau kamu pengen beli blangkon khas Jogja, kamu bisa temukan di sekitar Malioboro

8. Surjan.

sorjan
Sumber Gambar : https://cdn.idntimes.com/

Surjan adalah pakaian pria khas Jogja. Motifnya kebanyakan adalah motif lurik, tapi juga ada yang batik atau polos.

Surjan pria yang biasanya sering dijadikan souvenir adalah yang bermotif garis-garis. Surjan yang kelihatan lebih merakyat ini dijual di berbagai toko souvenir dan oleh-oleh Jogja atau di lapak-lapak sepanjang Malioboro.

9. Kaos Dagadu.

kaos dagadu yogyakarta
Sumber Gambar : https://ksmtour.com/

Kaos “gaul” khas Jogja ini memang udah legendaris banget. Kaos-kaos Dagadu terkenal dengan tulisan-tulisannya yang lucu, unik, dan kadang penuh dengan sarkasme.

Kaos Dagadu sudah ada di Jogja lebih dari 20 tahun dan telah identik sebagai oleh-oleh khas Jogja.

Produk Dagadu yang asli bisa kamu dapatkan di gerai resmi Dagadu. Ada 3 gerainya yaitu di Gedongkuning, Lower Ground Malioboro Mall, dan di dekat Alun-Alun Utara.

10. Soevenir Pernak-Pernik Malioboro.

sovenir malioboro
Sumber Gambar : https://www.wonderfuljogja.com/

Malioboro merupakan salah satu kawasan yang menjadi tujuan para wisatawan ketika berkunjung ke Jogja. ketika berkunjung ke Malioboro sangat kurang sekali rasanya jika tidak membeli souvenir unik dari Malioboro.

Terdapat beberapa jenis souvenir khas Malioboro yang bisa dijadikan sebagai buah tangan.

Advertisement

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu bawa pulang di saat kamu liburan ke Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *