Keuangan

Cara Kerja Kartu Kredit : Jenis, Fungsi dan Cara Bijak Menggunakannya

Pengertian kartu kredit – Kartu kredit atau credit card (CC) merupakan bagian penting di kehidupan sehari-hari. Baik membeli makanan, belanja atau memesan...

Written by Widiatmoko Eling · 4 min read >
cara menggunakan kartu kredit
cara menggunakan kartu kredit

Pengertian kartu kredit – Kartu kredit atau credit card (CC) merupakan bagian penting di kehidupan sehari-hari.

Baik membeli makanan, belanja atau memesan hotel, kartu kredit bisa mewakili bentuk pembayaran yang nyaman dan aman untuk penggunanya. Cara kerja kartu kredit juga terbilang mudah untuk digunakan.

Manfaat dari memiliki kartu ini juga cukup signifikan, mulai dari perlindungan kerusakan pada pembelian hingga kemudahan mempersoalkan tagihan yang mencurigakan atau aktivitas penipuan. kartu kredit adalah bentuk pembayaran yang menarik untuk dimiliki.

Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai, kartu kredit dapat digunakan oleh konsumen sebagai alat untuk bertransaksi di tempat-tempat yang bisa menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sah dan diterbitkan oleh pihak bank sebagai sebuah layanan kepada nasabahnya, di mana hal tersebut diberikan dengan disertai sebuah kesepakatan atau perjanjian antara kedua belah pihak.

Jenis-Jenis Kartu Kredit

Sumber Gambar : pravo.ua

Banyak kartu kredit yang menawarkan sejumlah keuntungan dan hadiah tambahan bagi penggunanya.

Tergantung jenis kartu yang ingin Anda miliki,  biasanya keuntungan yang didapatkan dengan memiliki kartu kredit adalah cashback, pembelian dengan potongan harga, asuransi pembatalan perjalanan, dll.

Ada 3 jenis kartu kredit yang hadir di negara ini dengan fungsinya masing-masing dan bisa Anda pilih. Berikut daftarnya:

1. Jenis Kartu Kredit Sesuai Limit

Jenis pertama, ada kartu kredit yang diklasifikasikan sesuai dengan limit uang yang bisa digunakan.

Setidaknya, dalam kategori CC ini, ada 5 jenis kartu kredit yang hadir di Indonesia, di antaranya adalah:

Kartu Kredit Silver

Pertama, ada CC silver dengan batas kredit yang terbilang paling rendah di antara jenis lainnya. Ya, batas kredit yang bisa digunakan pengguna adalah Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

Kartu Kredit Gold

Kedua, ada CC dengan limit di atas silver, yakni gold. Pengguna bisa mendapatkan batas pinjaman sekitar Rp 10 juta hingga Rp 40 jutaan.

Kartu Kredit Platinum

Kalau CC platinum, tentunya penggunanya bisa mendapatkan batas kredit di atas Rp 40 juta, bahkan hingga Rp 1 miliar.

Kartu Kredit Titanium

Kalau CC platinum saja batas limitnya sudah sangat tinggi, apalagi jenis titanium? Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan jenis CC satu ini dan hanya orang dengan penghasilan tinggi yang bisa mendapatkannya.

2. Kartu Kredit Sesuai Wilayah

Jenis CC yang kedua dibagi menurut wilayah operasionalnya, yakni:

Kartu Kredit Nasional

Sesuai dengan namanya, cara kerja kartu kredit satu ini hanya bisa digunakan di Indonesia saja.

Kartu kredit nasional bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant-merchant yang beroperasi di Indonesia.

Kartu Kredit Internasional

Kalau CC internasional, maka sudah jelas bisa digunakan untuk menjadi alat pembayaran di seluruh negara di dunia. Ada dua brand CC yang bisa digunakan di dunia, yakni Visa dan Mastercard.

3. Kartu Kredit Sesuai Afiliasi

Terakhir, ada jenis kartu kredit yang dikeluarkan karena kerjasama atau afiliasi, di antaranya:

Kartu Kredit Affinity

Bisa dibilang, CC jenis ini dibuat atas dasar afiliasi antara bank dengan lembaga ataupun institusi dengan tujuan kampanye.

Credit Card Co-Branding

Kalau jenis CC satu ini sengaja diterbitkan atas dasar kerjasama antara dua brand seperti bank dengan supermarket atau maskapai penerbangan.

Credit Card Private Label

Terakhir, ada CC yang bekerjasama dengan perusahaan yang sudah mendunia. Kartu jenis ini mempunyai iuran per tahun yang lebih murah.

Fungsi Kartu Kredit

fungsi kartu kredit
Sumber Gambar : bar.it

1. Membeli Barang yang Tidak Bisa Anda Miliki karena Masalah Biaya

Kartu kredit bisa menjadi alat pembelian barang apapun dalam jumlah besar, jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk melakukannya dengan kartu debit.

Dengan melakukan pembelian mahal menggunakan kartu kredit, Anda dapat membayar apapun yang dibeli secara mudah dari waktu ke waktu dan membayarnya dengan kredit.

2. Penerbangan dan Liburan

Membeli tiket untuk penerbangan dan liburan menggunakan kartu kredit bisa menjadi ide yang baik karena Anda tidak harus mengeluarkan uang dalam satu waktu.

Selain itu, banyak hotel yang memerlukan detail kartu kredit untuk deposit, jadi memesan liburan dengan CC memudahkan pemesanan maskapai dan hotel Anda untuk liburan.

3. Kartu untuk Perjalanan

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang sangat sibuk dan selalu bepergian ke manapun dengan menggunakan pesawat atau akomodasi lainnya, maka Anda bisa menggunakan kartu kredit.

Fungsi kartu ini bisa membuat biaya perjalanan yang menjadi pengeluaran utama setiap bulannya menjadi lebih mudah dibayar dan terdeteksi pengeluarannya.

Menggunakan kartu kredit Anda untuk membayar perjalanan Anda ke manapun menjadi solusi yang jauh lebih mudah.

4. Membayar Tagihan PLN, PDAM, dsb

Anda yang berlangganan internet, PDAM maupun menggunakan PLN, maka Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk membayar segala tagihan yang ada.

5. Belanja Supermarket

Banyak supermarket menawarkan kartu kredit berbasis hadiah khusus yang menawarkan poin untuk dapat ditukarkan dengan uang.

6. Alat Pembayaran Selama di Luar Negeri

Anda yang hobi travelling, memiliki kartu kredit bisa memudahkan dalam melakukan pembayaran di segala merchant berbagai negara.

Anda bisa berbelanja di mana saja dengan menggunakan kartu kredit dan bisa menyelesaikan transaksi dalam hitungan detik.

Kartu kredit membebankan bunga mulai 0% untuk pembelian barang dan jasa, yang memungkinkan pembeli untuk melunasi semuanya hanya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Kartu kredit memungkinkan Anda untuk transaksi tanpa uang tunai dalam berbagai mata uang.

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Berdasarkan pengertian kartu kredit di atas bisa dilihat bahwa cara kerja kartu kredit sendiri sebenarnya mudah sekali.

Baik Anda berencana menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian secara langsung atau online, semuanya cukup mudah dengan menggunakan kartu kredit.

Saat berbelanja secara langsung dengan kartu kredit, yang harus Anda lakukan hanyalah menggesek dan memasukkan pin ke Electronic Data Capture.

Nah, ketika menggunakan kartu kredit untuk pembayaran langsung, maka jumlah pembelian akan dikurangi dari batas kredit Anda dan ditambahkan ke saldo utang Anda untuk siklus penagihan.

Sementara  saat berbelanja online, Anda akan memasukkan nomor kartu kredit dan informasi pribadi agar pembelian dibebankan ke akun Anda.

Pertanyaannya, adalah bagaimana sih caranya agar Anda bisa menggunakan kartu kredit ini dengan lebih bijak agar tidak terjebak dengan hutang?

1. Selalu Bayar Tagihan Anda Tepat Waktu

Riwayat pembayaran adalah faktor terpenting yang membentuk skor Anda. Menjadi hal yang sangat penting untuk membayar tagihan kartu kredit lebih awal atau tepat waktu setiap bulan. Jika membayar tagihan Anda melewati tanggal jatuh tempo, Anda dapat merusak skor kredit.

2. Buat Rencana Belanja

Buatlah rencana belanja dan kapan Anda bisa melunasinya dalam jangka pendek. Jika Anda menumpuk hutang dan terus membelanjakan lebih banyak tanpa rencana untuk melunasinya, bunga yang akan Anda bayarkan untuk tagihan kartu kredit  dapat membengkak dari waktu ke waktu.

3. Pilih Kartu Kredit yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

Pastikan Anda memilih jenis kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan yakin bisa untuk melunasi tagihannya di setiap bulan.

Sebaiknya pilih kartu yang tepat untuk kebutuhan Anda sejak awal dan berhati-hati dalam membelanjakan lebih dari yang Anda rencanakan.

Kartu kredit memang terkadang bisa menjadi barang yang membuat penggunanya terlalu nyaman dan seringkali membuat orang mendapat masalah.

Meski begitu, kartu kredit dapat berfungsi sebagai alat keuangan yang berharga, jika Anda tahu cara menggunakannya dengan bijak.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Kartu Kredit, jenis, fungsi dan cara bijak menggunakannya . Semoga informasi di atas menegnai cara dan syarat membuat NPWP pribadi, bermanfaat dan jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya, hanya di Goodchoice.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *