Bisnis

Mengetahui Manajemen Pemasaran dan Konsepnya Secara Lengkap

Pengertian manajemen pemasaran adalah suatu hal yang mengacu pada pengendalian, perencanaan, pengorganisasian, dan implementasi suatu bisnis. Advertisement Manajemen pemasaran juga bekerja pada...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
manajemen pemasaran
strategi swot
Sumber Gambar : https://dynaimage.cdn.cnn.com/

Pengertian manajemen pemasaran adalah suatu hal yang mengacu pada pengendalian, perencanaan, pengorganisasian, dan implementasi suatu bisnis.

Advertisement

Manajemen pemasaran juga bekerja pada penerapan strategi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan layanan.

Singkatnya, manajemen pemasaran melakukan semua fungsi di bidang pemasaran. Mulai dari mengidentifikasi peluang hingga memikirkan strategi pemasaran, manajemen pemasaran ini sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem perusahaan tetap stabil.

Manajemen Pemasaran dan Konsepnya

strategi marketing
Sumber Gambar : yuksinau.id

Pengertian manajemen pemasaran adalah kombinasi dari semua teknik dan proses yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan dan menerapkan agenda pemasaran bisnisnya.

Rencana ini bisa dimulai melalui pengetahuan pasar yang akurat hingga penelitian dan survey, dengan pendekatan yang sistematis.

Mengetahui pasar perusahaan, menetapkan tujuan dan target yang realistis, mengembangkan strategi pemasaran, dan menerapkan rencana pemasaran, yang efektif sesuai anggaran juga menjadi bagian dari manajemen pemasaran.

Ya, manajemen pemasaran merupakan komponen bisnis yang menyusun dan mengembangkan strategi pemasaran suatu perusahaan.

Konsep manajemen pemasaran sendiri pastinya selalu melibatkan pemasaran dan manajemen.

Manajemen adalah sekumpulan proses yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, motivasi, koordinasi, dan pengendalian berbagai aktivitas organisasi bisnis.

Beberapa komponen penting dari manajemen pemasaran adalah:

1.  Riset Pasar

Riset pasar adalah sebuah tindakan untuk mengidentifikasi kebiasaan membeli konsumen, ukuran pasar, pertumbuhan dan penurunan pasar, serta tren saat ini.

2.  Strategi Pasar

Strategi pasar adalah jalan menuju sasaran penjualan. Langkah ini melihat seluruh pasar dan kemudian membuat strategi yang sesuai dengan tujuan.

3.  Anggaran

Anggaran adalah rencana keuangan bisnis untuk dibelanjakan.  Artinya anggaran harus direncanakan untuk kepentingan pemasaran.

4.  Target Audiens

Dalam sebuah perusahaan, target audiens atau konsumen adalah hal penting untuk diketahui agar hasil pemasarannya memberikan dampak yang baik.

Konsep Inti Manajemen Pemasaran

riset pasar
Sumber Gambar : https://www.kobadvertising.com/

Setidaknya ada lima konsep pemasaran yang bisa disebut juga orientasi manajemen pemasaran.

Kelima hal ini mempunyai konsep berbeda, ada yang berfokus pada teknik untuk membuat dan memproduksi, ada pula yang berfokus pada memasarkan produk kepada pelanggan.

Intinya, 5 konsep ini adalah filosofi dasar dari pemasaran. Saat mencoba membangun hubungan yang menguntungkan dengan target konsumen, manajemen harus merancang strategi pemasaran. Tetapi filosofi apa yang akan memandu strategi ini?

Apa  yang harus diberikan untuk kepentingan perusahaan, pelanggan dan masyarakat? Oleh sebab itu, konsep pemasaran mengklasifikasikan semua kepentingan pemasaran menjadi lima kategori.

Perusahaan menggunakan orientasi ini sebagai dasar untuk kampanye pemasaran perusahaannya. Apa saja itu?

1.  Produksi

Memikirkan produksi mungkin adalah hal yang paling mudah dari semua konsep manajemen pemasaran.

Konsep produksi bukan hanya tentang memproduksi, dan menghabiskan banyak dana untuk mengetahui sesuatu yang diminati oleh pelanggan.

Konsep produksi adalah bagaimana konsumen suka dengan produk Anda, namun harga yang ditawarkan tetaplah terjangkau. Oleh karena itu, tujuan bisnis adalah untuk meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi.

Konsep produksi adalah salah satu orientasi yang paling penting dalam manajemen pemasaran.

Jika konsep produksi berhasil, maka konsep lainnya dalam sebuah bisnis mungkin berhasil dalam beberapa kasus.

Namun, sebuah bisnis tidak boleh terlalu berfokus pada operasionalnya sendiri dan kehilangan tujuan sebenarnya dari pemasaran. Bisnis harus memuaskan kebutuhan pelanggan dan membangun hubungan.

2.  Produk

Memikirkan tentang produk juga dapat dianggap sebagai salah satu konsep manajemen pemasaran yang paling sederhana.

Produk berbeda dengan produksi, ya! Produk adalah sentuhan akhir dari sebuah proses produksi.

Konsep ini berfokus sepenuhnya pada produk, bagaimana menjadikan produk lebih baik dan  lebih murah, tetapi kualitas tidak menurun.

Dengan kata lain, konsep produk dimulai dengan menemukan sebuah produk dan kemudian mencoba menjualnya kepada pelanggan.

Hal tersebut tentunya dengan pertimbangan bahwa produk itu sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut.

3.  Penjualan

Penjualan adalah sebuah tindakan yang melibatkan usaha transaksi pembelian produk dari konsumen.

Tidaklah penting siapa konsumen ini dan mengapa ia  membutuhkan produk dari perusahaan Anda. Hal yang paling penting dari penjualan adalah bagaimana bisa menemukan konsumen.

Penjualan adalah konsep manajemen pemasaran yang berfokus pada menemukan konsumen dan menjadikannya sebagai pelanggan tetap.

Konsep dari penjualan tidak hanya fokus pada menciptakan penjualan, tetapi juga membangun hubungan pelanggan dalam jangka panjang yang menguntungkan.

4.  Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah tentang membangun hubungan jangka panjang yang menguntungkan dengan memaksimalkan nilai bagi pelanggan.

Konsep pemasaran adalah tentang mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar dan memberikan kepuasan lebih baik kepada target konsumen daripada pesaing.

Konsep pemasaran harus mengambil banyak strategi dan perspektif, dimulai dengan kebutuhan pelanggan dan usaha untuk menemukan produk yang tepat untuk pelanggan.

Dengan kata lain, daripada berfokus pada konsep ‘buat dan jual’, maka manajemen pemasaran lebih berpusat pada konsep ‘rasa dan kepuasan’ yang berpusat pada pelanggan.

5.  Social Marketing

Social marketing adalah konsep penting dari manajemen pemasaran dengan mempertimbangkan apa yang diinginkan oleh pelanggan saat ini dan di masa depan. Fokus dar social marketin pada kepuasan jangka panjang masyarakat.

Jadi, konsep dari social marketing adalah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan bisnis saat ini, sekaligus menjaga kebutuhan generasi mendatang.

Faktor-faktor penting dalam social marketing dari sebuah perusahan adalah bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Bisnis harus menangani masalah-masalah seperti polusi, kondisi kerja, keselamatan karyawan, tanggung jawab sosial perusahaan dan sebagainya.

Peran Manajemen Pemasaran

Digital marketing
Digital marketing sumber : shamrin.digital

1.  Menciptakan Nilai

Dalam menciptakan sebuah produk, maka sebuah bisnis harus memiliki poin berbeda sehingga ada nilai yang dapat ditambahkan.

Peran dari manajemen pemasaran adalah memberi nilai tambah pada perusahaan atau produk dengan melakukan analisis, mulai dari proses produksi hingga hasil akhir.

Ya, peran utama manajemen pemasaran adalah menciptakan nilai sehingga pelanggan membeli produk

2.  Membangun Merek

Merek membantu membedakan produk bisnis Anda dari pesaing. Merek adalah kepercayaan produk dari perusahaan ke konsumen.

Membangun merek membutuhkan waktu yang tidak singkat. Namun jika berhasil meledak di pasaran, maka merek bisa menjadi komunikasi pemasaran yang kuat dan membangun citra perusahaan.

3.  Komunikasi dan Promosi

Manajemen pemasaran juga berperan penting dalam membangun komunikasi dan promosi antara pelanggan dan perusahaan. Komunikasi pemasaran yang baik bisa membangun merek perusahaan dan menarik pelanggan.

4.  Membangun Hubungan Pelanggan

Bank, pariwisata, dan sektor berbasis layanan lainnya bergantung pada hubungan pelanggan dan pemasaran untuk bisa bertahan dalam bisnis. Semakin baik hubungan pelanggan, maka akan semakin baik bisnis berjalan.

Konsep manajemen perusahaan membantu bisnis Anda untuk membangun hubungan yang positif untuk pelanggan.

Cross selling dan up selling adalah konsep hubungan pelanggan yang telah membantu perusahaan menaklukkan pasar dari waktu ke waktu.

Semua konsep ini merupakan hasil dari perkembangan manajemen pemasaran yang baik dari perusahaan.

Hakikatnya, dasar dari semua kegiatan manajemen pemasaran dan konsepnya tidak hanya menentukan bagaimana perusahaan akan menangani produksi, desain produk, pelanggan, maupun kebutuhan pelanggan saja.

Lebih dari itu, konsep manajemen pemasaran juga berbicara tentang bagaimana sebuah bisnis dipersepsikan oleh masyarakat. Oleh karena itu, konsep manajemen pemasaran menjadi sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Advertisement

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan konsep manajemen pemasaran. Semoga informasi di atas  bermanfaat dan Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya, hanya di Goodchoice.id.