Bisnis

Pengertian Perdagangan Internasional, Jenis dan Tujuannya

Dalam dunia perekonomian suatu negara, dikenal adanya perdagangan internasional. Advertisement Jenis perdagangan ini hampir sama dengan perdagangan lokal, hanya saja subjek dagangnya...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
perdagangan international
ekspor impor
Sumber Gambar : https://dutycalc.com/

Dalam dunia perekonomian suatu negara, dikenal adanya perdagangan internasional.

Advertisement

Jenis perdagangan ini hampir sama dengan perdagangan lokal, hanya saja subjek dagangnya meliputi negara-negara lainnya.

Pengertian perdagangan internasional secara umum dapat diartikan proses dagang, dimana terjadi transaksi jual beli lintas negara. Perdagangan ini biasanya diawali dengan kesepakatan terlebih dahulu.

Beberapa dekade ini, perkembangan dan pertumbuhan perdagangan internasional semakin meningkat.

Banyak faktor yang andil dalam perkembangan ini. Contohnya adalah kerjasama antar negara, pasar bebas, teknologi, dan internet.

Dalam prakteknya, perdagangan internasional termasuk dalam komponen penting proses globalisasi. Setiap negara bisa melakukan perdagangan sesuai dengan kebutuhan.

Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian umum dari perdagangan internasional merupakan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan jual beli dari dua negara yang berbeda.

Dalam sistem perdagangan ini melibatkan beberapa pihak, seperti pihak individu, negara lain, perusahaan yang terlibat dalam proses perdagangan.

Model perdagangan ini terjadi ketika terjadi kekurangan sumber daya dalam suatu negara, sehingga harus di supply dari negara lain.

Kegiatan ekonomi ini sebenarnya telah terjadi sejak abad pertengahan. Semua barang untuk memenuhi kebutuhan suatu negara, belum bisa diproduksi secara keseluruhan.

Dibutuhkan bantuan dari negara lain untuk bisa mencukupinya. Dari sinilah muncul proses tukar menukar barang dengan dasar kesepakatan masing-masing pihak.

Secara awam perdagangan ini sering disebut dengan kegiatan eskpor impor.

Jenis Perdagangan Internasional

1. Ekspor dan Impor

Istilah ini mungkin sudah sangat umum kamu ketahui. Ekspor adalah kegiatan untuk menjual komoditas perdagangan ke negara lain.

Sedangkan impor adalah kegiatan untuk membeli komoditas perdagangan atau barang dari negara lain.

Untuk bisa melakukan ekspor ini terdapat 2 cara yang biasa digunakan, yaitu ekspor biasa dan ekspor tanpa L/C atau tanpa melalui izin departemen perdagangan.

2. Konsinyasi

Jenis perdagangan internasional yang lain yaitu konsinyasi. Pengertian dari konsinyasi ini adalah penjualan yang dilakukan dengan pengiriman barang ke luar negeri.

Namun pasar dari luar negeri tersebut belum tentu ada. Jenis perdagangan konsinyasi ini lebih banyak dilakukan [ada bursa dagang atau pasar bebas. Cara dagangnya adalah dengan sistem lelang.

3. Barter

Barter adalah cara perdagangan yang sudah lama dikenal, bahkan sebelum adanya perdagangan modern.

Cara berdagang barter ini dilakukan dengan pertukaran satu barang dengan barang lainnya. Dalam perdagangan internasional, barter juga sering dipergunakan.

jenis barter yang digunakan antara lain switch barter, direct barter, bay back barter, dan counter purchase.

4. Boarding Crossing

Boarding crossing merupakan jenis perdagangan internasional yang terjadi di dua negeri yang berdekatan.

Tujuannya adalah untuk memudahkan para penduduknya untuk melakukan transaksi jual beli barang.

Contoh boarding crossing ini adalah perdagangan antara negara Indonesia dan Malaysia. Dua negara ini berdekatan sehingga bisa timbul boarding crossing. Bisa juga antara Indonesia dan Australia.

5. Package Deal

Pengertian dari package deal adalah sejenis perdagangan yang dilakukan oleh dua negara melalui perjanjian dagang.

Kedua negara ini akan melakukan pertemuan dan negosiasi untuk mencapai kesepakatan.

Komoditi yang diperjualbelikan, serta aturan dalam perdagangan tersebut akan dicantumkan di trade agreement. Dalam kesepakatan ini, ada sanksi apabila melanggar kesepakatan.

Tujuan Perdagangan Internasional

  • Usaha untuk meningkatkan jumlah devisa negara. Salah satu caranya adalah, dengan melakukan kegiatan ekspor produk yang dimiliki ke negara lain.
  • Berguna dalam perluasan pasar sehingga tingkat produksi dapat semakin naik.
  • Media transfer teknologi terutama teknologi modern antar negara. Keberadaan teknologi ini akan membantu dalam proses produksi sehingga lebih efisien.
  • Pertumbuhan sektor ekonomi akan semakin meningkat. Harga barang dagangan juga semakin stabil.
  • Adanya perdagangan internasional uga bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Apabila permintaan barang semakin meningkat, maka dibutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak untuk memenuhi permintaan.
  • Membentuk sumber daya manusia yang terampil, terlatih, serta memiliki keunggulan. Hal ini terjadi karena harus mengikuti perkembangan teknologi yang digunakan saat ini.

Dari pengertian perdagangan internasional dapat kamu simpulkan bahwa, bentuk perdagangan ini dilakukan oleh dua negara yang berbeda.

Perdagangan internasional sangat berguna bagi kemajuan ekonomi suatu negara. Semua jenis perdagangan yang digunakan memiliki tujuan yang sama, yaitu kestabilan harga pasar.

Advertisement

Apabila perekonomian stabil, maka kemakmuran rakyat juga akan terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *