Pekerjaan

13 Pertanyaan Interview Yang Menjebak, Jika Salah Menjawab, Hasilnya Bisa Fatal.

Tujuan dari beberapa pertanyaan saat interview kerja adalah untuk menggali lebih dalam tentang seorang kandidat. Interview bisa juga digunakan untuk melihat kecakapan...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
Pertanyaan interview
Pertanyaan interview
Sumber : wpengine.netdna-ssl.com

Tujuan dari beberapa pertanyaan saat interview kerja adalah untuk menggali lebih dalam tentang seorang kandidat. Interview bisa juga digunakan untuk melihat kecakapan kandidat, menguji kepribadiannya, mengetahui motivasinya apa, dan lain sebagainya

Dalam proses lamaran kerja, panggilan untuk interview memang dianggap menegangkan bagi sebagian besar pencari kerja, terutama mereka yang berstatus fresh graduate.

Seringkali kita khawatir apakah kualifikasi kita sesuai atau tidak. Interview merupakan gerbang penentu diterima atau tidaknya pelamar di suatu perusahaan.

wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang harus dilewati oleh para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan, baik di perusahaan maupun di instansi lainnya.

Saat interview kerja, pewawancara akan menanyakan banyak pertanyaan interview kepada orang yang diwawancarai. Pertanyaan-pertanyaan interview tersebut kadang menjebak dan jika salah menjawab, hasilnya bisa fatal.

Simak beberapa pertanyaan interview di bawah ini di mana pertanyaannya terkesan sepele namun sebenarnya menjebak.

1. Ceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan wawancara kerja ini bertujuan untuk mengetahui karakter Anda. Karakter seorang pekerja merupakan aspek penting bagi perusahaan.

Calon pekerja yang berkarakter kuat tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja. Terutama jika karakter sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Oleh sebab itu pilihlah 3 kata yang dapat mendeskripsikan diri Anda. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Berikan gambaran karakter  yang sesuai dan pilih kata-kata positif. Misalnya yaitu jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik, dan lain sebagainya. Pastikan karakter yang disebut memang sesuai dengan karakter anda sesungguhnya.”

2. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

Ketika menjawab pertanyaan tes wawancara kerja ini, sebutkan beberapa kelebihan utama, lebih mudah jika memberikan kelebihan yang terkait dengan pekerjaan yang dilamar

Pewawancara memancing pencari kerja untuk menceritakan kelemahan dirinya, dan yang paling penting bagaimana mereka mengatasi hal itu.

Jadi berilah kelemahan yang tidak terlalu fatal dan berikan solusinya. Bisa juga berilah kelemahan yang seakan-akan nantinya dapat menjadi keunggulan Anda.

3. Bisakah Anda Bekerja di Bawah Tekanan?

“Ya. Selama ini bisa mengatasi tekanan pekerjaan saya. Selain itu, saya pikir tekanan bisa memberikan hasil yang positif bagi saya karena saya bisa mengeluarkan potensi, inisiatif, dan keterampilan saya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.”

4. Bagaimana sikap Anda Terhadap Kritik yang Ditujukan Kepada Anda?

“Dalam pemahaman saya, manusia pada umumnya tidak suka dikritik secara sembarangan. Secara pribadi, saya menerima kritik yang ditujukan kepada saya.

Jika kritik itu baik dan membangun, saya akan dengan senang hati melaksanakannya demi memperbaiki diri sendiri. Jika sebaliknya, saya akan mengabaikannya.”

5. Mengapa Anda Pindah Kerja dari Perusahaan Sebelumnya?

Ini adalah salah satu pertanyaan penting. Karena dari jawaban perusahaan dapat menilai karakter dan orientasi Anda. Karena biasanya motivasi seseorang berhenti bekerja sangat erat dengan karakter dan orientasinya.

Oleh sebab itu hindari menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan. Pastikan alasan karena sesuatu hal yang profesional.

Pastikan juga bukan oleh karena konflik. Fokuslah pada jawaban bahwa ingin mencari posisi yang lebih baik untuk berkembang sesuai minat dan bakat.

6. Apakah Anda Bersedia Bekerja Lembur?

Ini merupakan pertanyaan untuk mengetahui komitmen. Oleh sebab itu pastikan jawaban yang diberikan sudah cukup sesuai. Tidak berlebihan namun juga tidak kurang.

Tentunya banyak yang tidak nyaman bekerja lembur. Namun nyatakan komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan sebesar mungkin.

Jika harus bekerja lembur pastikan bahwa waktu lembur tersebut masih dalam batasan toleransi. Sehingga jangan sampai jawaban yang diberikan terkesan basa-basi.

7. Apa yang Membuat Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?

Pertanyaan ini merupakan usaha untuk mencari motivasi  yang sesungguhnya. Setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal.

Oleh sebab itu pastikan jawaban yang diberikan bukan jawaban remeh seperti kenaikan gaji. Apalagi jika sampai mengutarakan ketidaknyamanan  di perusahaan sebelumnya. Perusahaan yang baru tentu akan menilai Anda adalah orang yang tidak mau bekerja keras.

Sebaiknya jawab pertanyaan ini dengan alasan-alasan positif. Misalnya karena ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat.

Atau lebih karena posisi yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan. Pastikan bahwa alasan bergabung lebih karena motivasi yang membangun.

Baca Juga : 8 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Penuhi Panggilah Interview Kerja

8. Seberapa Baik Anda Mengenal Perusahaan Kami?

pastikan  fokus pada sisi positif perusahaan yang akan dilamar. Jangan sampai membandingkan dengan perusahaan yang terdahulu. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat Anda tertarik untuk bergabung.

9. Jelaskan Rencana Anda Untuk Lima Tahun Ke Depan?

Maksud dari pertanyaan ini yaitu untuk mengetahui berapa lama ingin bergabung dengan perusahaan yang dilamar. Jangan sampai ternyata perusahaan salah mempekerjakan seorang “kutu loncat” atau pegawai yang senang berpindah-pindah perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, uraikan untuk tujuan jangka panjang. Pastikan bahwa Anda melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana. Jawablah dengan bijak dan pikirkan dengan matang. Jangan sampai menjawab seadanya.

10. Apa yang Anda Ketahui Tentang Posisi Pekerjaan yang ini!

Sangat penting untuk mengetahui posisi yang dilamar. Karena hal tersebut berkaitan dengan tugas  di perusahaan tersebut di kemudian hari.

Perusahaan pasti enggan mempekerjakan orang yang tidak mengerti apapun tentang tugas-tugasnya. Karena hal tersebut berarti butuh waktu lebih lama untuk membuat pekerja baru beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Oleh sebab itu, pastikan telah mencari informasi terlebih dahulu apa yang kira-kira akan menjadi tanggung jawab. Dengan jawaban yang tepat, maka perusahaan akan merasa bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi ini.

11. Berapa Gaji yang Anda Harapkan Untuk Posisi Ini?

ketahui lebih dahulu standar gaji di perusahaan yang akan dilamar. Perhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman dan tingkat kesulitan pekerjaan.

Jelaskan ekspetasi anda, namun pastikan masih di dalam standar perusahaan. Sehingga anda dapat memperoleh nilai maksimal dari standar yang diterapkan oleh perusahaan tujuan anda.

12. Apakah Anda Juga Melamar ke Perusahaan Lain Selain Ini?

Jika memang option yang ada pada Anda lebih dari satu perusahaan maka jawablah demikian. Jika ternyata beberapa nama perusahaan yang disebutkan memiliki karakteristik baik yang sama dari budaya dan sistem kerjanya maka ini akan memperkuat alasan Anda kenapa melamar diperusahaan tersebut dengan posisi tersebut yang berarti Anda memang ingin bekerja secara baik dengan environment yang mendukung agar bisa berkembang dengan lebih baik bukan hanya sekedar “biar dapat kerja”.

13. Apakah Ada Pertanyaan untuk Kami?

Jangan jawab “tidak”! Karena itu akan membuat pihak perusahaan merasa Anda tidak tertarik bekerja disana. Manfaatkan pertanyaan wawancara kerja ini dengan pertanyaan yang menandakan ketertarikan Anda dengan perusahaan.

Jawablah dengan pertanyaan-pertanyaan seputar budaya, peraturan dan sistem perusahaan yang sedang mewawancarai Anda saat ini seperti “benefit apa saja yang saya dapatkan jika diterima bekerja disini?”, “berapa lama jam istirahat yang diberikan?”, “apakah ada uang lembur?”.

Itu dia beberapa pertanyaan interview kerja dan juga cara menjawabnya yang benar, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *