Pekerjaan

10 Tips Lolos Tes Psikotes Gambar Pohon & Penjelasannya

Tes psikotes gambar pohon menjadi salah satu ujian dalam proses seleksi karyawan baik di instansi pemerintah maupun swasta. Tes ini bertujuan untuk...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
gambar pohon
gambar pohon
Sumbber Gambar : https://blog.payrollbozz.com/

Tes psikotes gambar pohon menjadi salah satu ujian dalam proses seleksi karyawan baik di instansi pemerintah maupun swasta. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan, sikap dan sifat dalam hal psikologi.

Advertisement

Dengan adanya tes ini tim HRD diharapkan mampu untuk menganalisa, personaliti maupun latar belakang emosional sipelamar.

Dalam tes psikotes gambar pohon, peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon.  Setelah menggambar pohon kamu akan diminta untuk menulis nama pohon yang kamu gambar.

Baca Juga : 5 Jenis Psikotes Gambar Yang Sering di Jumpai Saat Proses Seleksi Karyawan.

Arti dan Penjelasan dalam Menggamar Pohon

1. Letak Pohon yang Anda Gambar.

Menggambar di bagian atas. Menunjukkan bahwa Anda mempunyai cara pandang tinggi dalam memandang hidup. Setiap kegagalan Anda jadikan sebagai pengalaman pembelajaran. Anda melihat hikmah dari semua masalah.

Apabila menggambar di bagian Tengah. Mempunyai arti, Anda adalah orang yang praktis dan rendah hati.

Sedangkan jika menggambar dibagian bawah artinya Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan pilihan.

2. Batang Pohon yang Anda Gambar.

Pada tes ini batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang pohon yang lebar mempunyai arti bahwa Anda mempunnyai emosi yang stabil, tenang, tidak mudah marah dan mempunyai pendirian yang kuat.

Batang pohon yang ramping mempunyai arti bahwa anda termasuk orang yang fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.

Apabila Anda menggambar pohon yang bercabang di pucuk Artinya anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini.

Baca Juga : 9 Tips Lulus Mengerjakan Tes Psikotes Wartegg Agar Lulus Seleksi Kerja.

3. Tinggi Pohon yang Anda Gambar.

Menggambar pohon lebih tinggi atau lebih dari setengah tinggi kertas menunjukkan hasrat anda untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup.

Anda juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja, anda adalah orang yang seksama serta mengecek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.

Menggambar pohon kurang dari tinggi setengah kertas artinya anda puas dengan hidup ini apa adanya anda juga hemat dan sangat efisien.

4. Makna Dahan Pohon Dalam Gambar.

Pada tes ini apabila Anda menggambar pohon lenggkap dengan dahannya berarti anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Anda merupakan pribadi yang berfikir logis dan analistis.

Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon tidak berdahan, berarti anda dikuasai oleh otak kanan.

Anda lebih menggunakan instink dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar

5. Arah Pohon yang Anda Gambar.

Menggambar pohon ke arah kiri artinya Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert.

Jika Anda meggambar pohon condong ke arah kanan melambangkan anda pribadi yang berorientasi pada aksi.

Anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan, meskipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.

Sedangkan gambar pohon yang lurus melambangkan Anda termasuk pribadi yang menutup diri. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.

6. Makna Akar Dalam Gambar.

Akar melambangkan keluarga dan sejarah. Jika Anda menyertakan akar dalam gambar pohon berarti Anda menganggap masa lalu sangat penting.

Jika Anda tidak menyertakan akar dalam gambar Artinya Anda fokus pada masa depan.

7. Makna Daun Dalam Gambar.

Daun melambangkan pemikiran. pelamar yang menggambar daun adalah orang yang suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati.

Jika pohon yang Anda gambar memiliki jumlah daun yang sedikit artinya Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih.

Anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah dan lebih memilih sebuah rencana aksi dan bergerak ke depan.

Baca Juga : 5 Tips dan Trik Gambar Orang Pada Proses Assessment Psikologi.

Tips Menggambar Pohon.

1. Usahakan untuk menggambar pohon secara detail dan rinci. memiliki daun yang rindang, ranting dan cabang, dan akan lebih bagus apabila kamu melengkapinya dengan bunga, buah, hingga akar.

2. Usahakan untuk berlatih menggambar pohon yang memiliki banyak manfaat.

3. Pilihlah pohon yang berkambium.

4. Hindari menggambar pohon bambu, pohon pisang, pohon pepaya, pohon cemara, pohon kelapa, pohon beringin atau pohon yang tidak berkambium lainnya.

5. Gambarlah daun yang benar-benar berbentuk daun.

6. Gambarlah pohon dengan ukuran proposional. Maksudnya, ukuran batang, buah, ranting dan daun harus sesuai.

7Gambarlah secara simetris, posisi gambar tidak terlalu ke kanan dan tidak terlalu ke kiri tidak juga terlalu ke atas dan ke bawah.

8. Gambarlah dengan tarikan garis yang cukup tegas namun jangan terlalu keras.

9. Berilah judul sesuai dengan gambar pohon yang telah kamu buat, sehingga hal ini akan mempermudah penyeleksi menerjemahkan maksud gambar pohon yang kamu buat.

10. Persiapkan sebelum tes pohon apa yang akan kamu gambar.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara mengerjakan tes psikotes gambar pohon. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Advertisement

Baca Juga : 13 Pertanyaan Interview Yang Menjebak, Jika Salah Menjawab, Hasilnya Bisa Fatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *