Pekerjaan

5 Jenis Psikotes Gambar Yang Sering di Jumpai Saat Proses Seleksi Karyawan.

Psikotes gambar merupakan salah satu instrumen dalam proses seleksi karyawan dalam sebuah perusahaan. Advertisement Tujuan dari adanya Psikotes adalah untuk menilai dan...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
psikotes
psikotes
Sumber Gambar : https://cdn.futuready.com/

Psikotes gambar merupakan salah satu instrumen dalam proses seleksi karyawan dalam sebuah perusahaan.

Advertisement

Tujuan dari adanya Psikotes adalah untuk menilai dan mengerti kecenderungan sikap, kepribadian, minat, dan intelegensi seorang pelamar kerja.

Ada beberapa jenis Psikotes yang sering muncul ketika proses seleksi kerja. Tidak semua psikotes  mementingkan benar atau salah dalam menjawab.

Hal ini dikarenakan tes tersebut mengarah pada aspek kepribadian manusia, selain inteligensi. Sebagai contohnya adalah psikotes yang memanfaatkan gambar sebagai medianya.

Berikut ulasan singkat mengenai tes psikotes gambar yang sering di jumpai saat proses seleksi karyawan.

1. Tes Wartegg.

wartegg
Sumber Gambar : https://4.bp.blogspot.com/

Tes ini kamu akan dihadapkan pada 8 kota yang memiliki pola berbeda-beda, mulai dari garis lengkung hingga sebuah titik.

Tugas Anda adalah untuk menggambar dari lanjutan pola-pola yang ada dalam soal. Gambarlah sesuai dengan imajinasi dan kreativitasmu.

Kamu kemudian akan diminta memberi angka sesuai urutanmu menggambar. Tes ini ini bertujuan untuk mengetahui karakter seseorang dari segi imajinasi, emosi, dinamisme, reality function, dan kemampuannya dalam mengontrol sesuatu.

Jawaban dari tes wartegg tidak ada yang salah maupun benar, hanya saja jawaban yang anda berikan akan menunjukkan bagaimana kepribadian anda.

Baca Juga : 9 cara mengerjakan Test Wartegg agar menjadi lebih mudah?.

2. Tes Menggambar Pohon.

gambar pohon
Sumbber Gambar : https://blog.payrollbozz.com/

Pada tes psikotes ini, Anda akan di perintahkan untuk menggambar pohon di sebuah kertas.

Dalam tes ini aturan yang harus kamu taati adalah untuk menggambar sebuah pohon berkambium (dikotil), bukan pohon tak berkambium seperti pisang, kelapa, dan bambu.

Gambarlah pohon seperti yang kamu kehendaki dan tentunya harus detai mulai dari akar, badan pohon, cabang, batang dan daun.

Pohon itu melambangkan aspek terdalam dan paling tidak disadari dari kepribadianmu. Gambar pohon dapat mewakili hal-hal yang biasanya kamu simpan untuk diri sendiri.

3. Tes Logika Deret Gambar.

Tes yang menggunakan gambar selanjutnya adalah Tes Psikotes Logika Deret Gambar yang pasalnya memiliki konsep yang serupa dengan tes logika artimatika.

Pada tes deret gambar ini bertujuan untuk menemukan satu gambar yang cocok, melanjutkan soal gambar yang disediakan.

Adapun yang membedakan adalah penggunaan media gambarnya yang menggunakan 3 atau 2 dimensi. Dalam pengerjaan tes ini beberapa tips yang harus kamu ingat adalah harus teliti dan fokus.

Dikarenakan gambar-gambar yang ada pada soal tersebut bisa “menjebak” kamu dengan konsep serupa tapi tidak sama.

Jawaban soal deret gambar cukup membingungkan kalau Anda tidak terbiasa berlatih mengejakannya.

4. Tes Menggambar Manusia.

gambar orang
Sumber Gambar : https://www.insinyoer.com/

Mengambar manusia merupakan salah satucara mengetahui refleksi peserta psikotes terhadap pandangan diri secara profesional.

Pada tes ini kamu diperintahkan untuk bisa menggambar manusia lengkap dengan deskripsi usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang sedang dilakukan.

Penilaian pada tes ini tidak dilihat dari bagus atau jeleknya gambar Anda. Namun, yang akan dinilai adalah seberapa detailnya Anda ketika menggambar objek yang dimaksud.

Pada tes ini, poin penilaian terlihat juga dari goresan-goresan yang telah Anda buat. Di mana goresan tersebut dapat mencerminkan karakteristik Anda.

Manusia mewakili konsep ideal diri kamu sendiri. Gambar ini menunjukkan sikapmu terhadap dunia bagaimana kehidupan sosialmu dan dunia batinmu.

5. Tes Menggambar Rumah.

gambar rumah
Sumber Gambar : https://marimewarnai.com/

Test ini hampir sama dengan menggambar pohon ataupun orang ketika seleksi calon karyawan baru. Penilaian didalamnya juga hampir sama yaitu menilai kepribadian atau karakter dari diri anda pribadi.

Mengambar rumah dapat menggamarkan hubungan keluarga dan bagaimana kamu melihat serta menafsirkan kehidupan keluarga.

Gambar rumah dipercaya dapat mengatakan banyak tentang bagaimana perasaanmu tentang nilai-nilai keluarga secara umum dan keluargamu secara khusus.

Advertisement

Demikian penjelasan singkat mengenai tes psikotes gambar. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *