Pekerjaan

7 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Tempat Kerja Yang Benar (Resign)

Apapun alasan Anda ingin keluar dari pekerjaan, Anda tetap harus bertindak profesional. Ketika awal masuk di kantor dengan baik-baik artinya ketika keluar...

Written by Widiatmoko Eling · 4 min read >
mengundurkan diri
mengundurkan diri
Sumber : entrepreneurcamp.id

Apapun alasan Anda ingin keluar dari pekerjaan, Anda tetap harus bertindak profesional. Ketika awal masuk di kantor dengan baik-baik artinya ketika keluar Anda juga harus baik-baik. Tunjukkan kalau Anda memiliki pribadi yang profesional dan terhormat, selesaikan semua urusan administrasi termasuk pengajuan surat pengunduran diri.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Tempat Kerja

Sebelum keluar dari pekerjaan, sebaiknya siapkan lebih dahulu surat pengunduran diri. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar :

1. Mengundurkan Diri Karena Keluarga Sakit

Tegal, 02 Feb 2020

Kepada, Yth. HRD PT. Prima Empire
Di –
Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Alan Jati Kusuma
NIK : PE-6969-008
Jabatan : Marketing
Menyatakan bahwa saya mengundurkan diri dari status saya sebagai Karyawan PT Titikdua Network terhitung sejak tanggal 02 Febuari 2020.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah :
Keadaan Ibu saya yang saat ini sakit di Magelang, mengharuskan saya kembali ke Magelang hingga waktu yang tidak bisa saya tentukan.

Mengenai tanggung jawab pekerjaan saya yang belum sempat terselesaikan seluruhnya, progres-nya akan saya lampirkan dalam bentuk hard file bersama dengan surat ini.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama ini. Saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT. Prima Empire, apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Prima Empire.

Saya berharap dan berdoa agarPT. Prima Empire menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses. Aamiin.

Demikian surat ini saya sampaikan untuk dapat dimaklumi. Terima kasih.

Hormat saya,

Alan Jati Kusuma

Baca Juga : Cara Menulis Surat Resign yang Baik dan Benar

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Singkat

Kepada Yth.
Bapak Zidane
HRD Manager PT Karton Agung Sejagat Tbk
Jalan Sudirman 3/14, Semarang Selatan.

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya menyampaikan pengunduran diri sebagai karyawan di PT Karton Agung Sejagat Tbk

Nama  : Kukuh Nur Cahyo
Alamat: Jl. Okaey Ball No. 13, Magelang

Melalui surat ini, Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk belajar dan bekerja di PT Karton Agung Sejagat Tbk sebagai Sales Supervisor selama Enam tahun.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT Karton Agung Sejagat Tbk apabila selama ini ada hal yang tidak menyenangkan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap semoga PT Karton Agung Sejagat Tbk tetap menjadi perusahaan Retail terbaik di Indonesia dan terus semakin maju dan sukses.

Hormat saya,

Kukuh Nur Cahyo

3. Pengunduran Diri Karena Mendapatkan Pekerjaan Lain

Kepada Yth.
Bapak Suwadi. Spd, Mpd, PhD.
HRD Manager PT Mbandungan Frozen Food Club.
Jalan Widosari Jetis Bandungan Semarang Jawa Tengah

Dengan Hormat

Melalui surat ini, saya atas nama Gilang Argiayanto bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Asisten Manager Club, terhitung sejak tanggal 15 Januari 2020. Adapun alasan saya adalah karena telah mendapatkan pekerjaan baru di tempat lain.

Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan kerja di PT Mbandungan Frozen Food Club selama ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan jajaran manajemen PT Mbandungan Frozen Food Club jika ada kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT Mbandungan Frozen Food Club dapat berkembang terus dan menjadi yang terbaik. Demikianlah surat pengunduran diri ini Saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya Saya capkan terima kasih.

Hormat Saya,

Gilang Argiayanto

4. Surat Pengunduran Diri Simpel

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Purwokerto, 28 Febuari 2020

Kepada Yth.
HR Manager
PT Omset Meroket
Jl. Prof Dr Suharso No. 6969 Purwokerto

Dengan Hormat
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama    : Suwadi
Divisi     : Sales
Jabatan : Branch Manager
Nomor induk karyawan : 19.69696969

Dengan ini saya mengajukan surat permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari  PT Omset Meroket terhitung sejak tanggal 28 Febuari 2020 saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT Omset Meroket kepada saya selama bekerja di perusahaan ini.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen apabila selama bekerja terdapat hal-hal tidak berkenan yang telah saya lakukan. Saya berharap semoga PT Omset Meroket menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses di masa yang akan datang.

Hormat saya,

Suwadi

5. Mengundurkan Diri Karena Pindah Rumah

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Gajah Prima

Dengan Hormat,

Dengan kedatangan surat ini, saya atas nama Puji Astuti bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Gajah Prima sebagai Staff Pajak dengan alasan akan pindah tempat tinggal. Saya berterima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama ini. Dan mohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan semua pihak.

Demikian surat ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Gajah Prima semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Puji Astuti

6. Pengunduran Diri Kerja Karena Ingin Melanjutkan Kuliah

Semarang, 15 Maret 2020

Kepada Yth.

Yth Kepala Bagian HRD
PT. Surya Prima Wik.
Jl. Sukalupa, Semarang, Jawa Tengah

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Raisa Saraswati

Tempat, Tanggal Lahir: Surabaya, 17 Maret 1996

Alamat: Jalan Widosari Jetis Bandungan Semarang Jawa Tengah

Jabatan: Staff Keuangan

Melalui surat ini, saya hendak menyampaikan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri pada tanggal 15 Maret 2020 dengan alasan ingin melanjutkan pendidikan S2. Keseluruhan tugas yang selama ini telah menjadi tanggung jawab saya sebagai Staff Keuangan akan tetap saya laksanakan dengan professional hingga tanggal pengunduran diri saya.

Kepada segenap pimpinan PT. Surya Prima Wik, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena sudah bersedia menerima saya dengan segenap kemampuan yang saya miliki. Dan kepada segenap karyawan PT. Surya Prima Wik, saya juga mengucapkan banyak terima kasih. Pihak-pihak yang selama ini membantu dan membimbing saya. Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya karena sudah tidak bisa menjadi bagian dari PT. Surya Prima Wikl ini kembali.

Demikian surat pengunduran diri saya yang dibuat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak namapun.

Hormat saya,

Raisa Saraswati

7. Surat Pengunduran Diri Kerja Karena Hamil

Jepara, 25 Maret 2020

Kepada Yth.

Yth Kepala Bagian HRD
PT. Maju Lupa Mundur.
Jl. Kadanglupa, Jepara, Jawa Tengah

Di Tempat
Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya Nurlela Sri Anggraeni, mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Maju Lupa Mundur sebagai Staff Keuangan.

Saya mengajukan permohonan ini dikarenakan saat ini sedang hamil dan menunggu hari kelahiran. Sementara kedepannya setelah anak saya lahir, saya ingin fokus mengurusi anak-anak.

Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan bekerja yang telah diberikanPT. Maju Lupa Mundur. Tak lupa saya juga memohon maaf apabila selama saya bekerja di PT. Maju Lupa Mundur melakukan banyak kesalahan. Semoga perusahaan ini semakin maju dan terus berkembang.

Sekian yang dapat saya sampaikan, sekiranya ada kekeliruan kata saya mohon maaf. Atas perhatian Bapak saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

ttd.

Nurlela Sri Anggraeni

Demikianlah mengenai contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa dijadikan sebagai acuan atau refeensi Anda yang ingin mengundurkan diri dari perusahaan Anda saat ini. Usahakan untuk membuat surat pengunduran diri yang baik dan menggunakan bahasa yang sopan supaya nama baik Anda tetap terjaga dan perusahaan tetap menghargai Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *