Keuangan

Cara dan Persyaratan Buka Tabungan di Bank BNI

Syarat buka rekening BNI – BNI bisa dibilang adalah salah satu bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang mempunyai banyak sekali...

Written by Widiatmoko Eling · 4 min read >
Cara buka tabungan bni
Cara buka tabungan bni
Sumber Gambar ; biaya.info

Syarat buka rekening BNI – BNI bisa dibilang adalah salah satu bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang mempunyai banyak sekali nasabah tersebar di berbagai kota Indonesia.

Produk dari BNI sendiri juga beragam. Mungkinkah Anda hendak membuat tabungan, namun tidak tahu cara dan syarat buka rekening BNI?

Proses pembuatan rekening tabungan BNI amatlah mudah, selama Anda melengkapi syarat pengajuan yang diminta oleh pihak bank.

Kira-kira apa saja syarat yang dibutuhkan ketika mengajukan pembukaan rekening bank? Lalu, bagaimana prosesnya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Cara dan persyaratan membuat rekening BNI

Bank BNI adalah salah satu bank milik pemerintah yang memiliki cabang hingga pelosok indonesia. Salah satu pelayanan yang dimiliki bank BNI adalah membuka tabungan.

Selain membuka tabungan Anda juga bisa mengajukan berbagai pelayanan bank BNI seperti, kartu kredit BNI, internet banking BNI dll, agar memudahkan Anda dalam bertransaksi keuangan. Tabungan bank BNI berguna bagi Anda yang ingin menyimpan dan mengambil sejumlah uang.

Nah untuk pembuatan tabungan di bank BNI bukanlah hal yang sulit. Bagi Anda yang tertarik untuk menabung uang di bank BNI, kami akan ulas cara-cara tersebut di bawah ini.

Syarat buka rekening BNI

Persyaratan buka tabungan di bank BNI hampir mirip dengan beberapa bank lainnya. Adapun beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  • Bagi warga negara Indonesiawajib melampirkanKartu identitas berupa KTP/Paspor, Sedangkan bagi warga negara asing diharuskan untuk membawa KITAS.
  • Wajib melampirkan NPWP atau nomor pokok wajib pajak bagi perorangan ataupun perusahaan.
  • Untuk perusahaan, akan diminta dokumen SIUP (Surat Izin Pendirian Usaha).
  • Setoran awal tergantung dari jenis tabungan BNI yang akan diajukan.

Ada sedikit hal yang perlu diperhatikan bagi calon nasabah pemegang KTP non-DKI.

Berikut beberapa syarat buka rekening BNI yang perlu kita perhatikan.

  • Pemegang KTP DKI Jakarta dapat membuka rekening tabungan BNI di seluruh cabang wilayah DKI Jakarta.
  • Pemegang KTP non-DKI dapat membuka rekening tabungan di wilayah Pemerintah Daerah penerbit KTP.
  • Apabila Andamembuka rekening di luar alamat yang tercantum di KTP, wajib melampirkan dokumen berupa: Surat Keterangan Domisili atau Surat Keterangan Bekerja.

Calon nasabah bisa membuka rekening di Bank BNI dengan melengkapi syarat-syarat diatas,

Cara membuat rekening BNI via kantor cabang

Daftar Internet Banking BNI
Sumber Gambar : https://www.saudagarnews.id/

Memiliki kartu debit atau rekening tabungan BNI memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan.

Anda tidak lagi harus repot-repot membawa banyak uang tunai jika hendak membayar tagihan, belanja, atau mentransfer uang kepada orang lain.

Jika ingin merasakan keuntungan dari membuka rekening BNI, cobalah untuk memperhatikan beberapa cara di bawah ini agar proses pengajuan rekening BNI Anda lebih mudah lagi:

1. Datanglah ke kantor cabang BNI

Kunjungilah kantor cabang BNI paling dekat dari rumah Anda. Untuk memudahkan Anda, maka cobalah untuk membuka Google Maps dan ketikkan pencarian ke kantor cabang BNI paling dekat dari lokasi Anda.

2. Ambil antrean menuju customer service (CS) BNI

Setelah mengetahui alamat kantor cabang BNI terdekat yang ada, maka Anda bisa segera datang mengunjunginya saat jam operasionalnya. Segera ambil antrean untuk menuju ke CS, bukan teller.

3. Sampaikan tujuan pembukaan rekening ke CS

Jika Anda sudah mengambil antrean, maka tunggulah sampai nomor antrean dipanggil. Setelah tiba antreannya, maka sampaikan kepada CS yang bertugas bahwasannya Anda ingin membuka tabungan BNI.

CS biasanya akan memberikan Anda beragam pilihan rekening tabungan yang bisa Anda pilih, beserta kekurangan dan kelebihannya. Pilih jenis tabungan BNI mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Isi formulir dan baca syarat ketentuannya

Apabila sudah memilih jenis tabungan mana yang dikehendaki, nantinya Anda akan diminta oleh CS untuk mengisi formulir tentang pengajuan rekening tabungan BNI Anda.

Pastikan Anda mengisi semuanya tanpa ada yang terlewat. Selesai menuliskan formulir, maka bacalah lampiran yang berisikan tentang syarat ketentuan pembukaan rekening tabungan BNI. Jika semua isinya sudah sesuai, maka segera tandatangani dokumen tersebut dan serahkan pada CS.

5. Serahkan dokumen syarat ke CS

Selesai menandatangani dokumen yang berisikan syarat dan ketentuan pembukaan rekening tabungan BNI, maka Anda bisa memberikan syarat-syarat tersebut kepada CS. Beberapa syarat yang dibutuhkan adalah:

  • Fotokopi KTP untuk WNI
  • Fotokopy Paspor untuk WNA
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Setoran awal paling minimal, yakni Rp 50.000

Ada baiknya jika sebelumnya Anda telah mempersiapkan semua dokumen yang disyaratkan sebelum mengunjungi kantor BNI.

6. Serahkan setoran awal BNI

Selesai menyerahkan dokumen persyaratannya kepada CS, maka Anda akan diminta untuk melakukan memberikan setoran awal.

Setoran awalnya tidak banyak, kok! Ya, hanya Rp 50.000 saja untuk bisa mendapatkan kartu debit BNI Anda.

Jika Anda ingin memberikan setoran lebih dari jumlah minimal, juga tidak menjadi persoalan.

Setelah memberikan setoran awal, nantinya CS akan memberikan Anda sebuah buku tabungan BNI, nomor rekening, dan tentunya kartu ATM.

Selanjutnya, jika Anda hendak memberikan setoran selanjutnya ke rekening tabungan BNI, maka ambilah antrean menuju ke teller.

Bagian CS hanya menerima setoran awal saja dan setoran-setoran selanjutnya bisa diserahkan pada bagian teller.

Cara membuat rekening BNI secara online

bni mobile banking
Sumber Gambar : jaringanprima.co.id

Apabila Anda malas sekali untuk datang ke kantor cabang BNI, maka alternatif yang bisa dicoba adalah melalui aplikasi Mobile Banking BNI atau M-Banking.

Untuk menggunakan cara ini, Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil. Tanpa adanya koneksi internet, maka Anda akan kesulitan membuka rekening tabungan.

Penasaran bagaimana cara untuk membuka rekening tabungan dengan memanfaatkan aplikasi M-Banking BNI?

Inilah langkah lengkapnya cara dan syarat buka rekening BNI via aplikasi Mobile Banking:

1.  Install aplikasi M-Banking BNI

Pertama, Anda bisa menginstall aplikasi Mobile Banking BNI yang bernama “BNI Mobile Banking” di smartphone.

Seperti biasa, jika smartphone Anda adalah Android, maka bisa cari aplikasinya di Google Play Store. Sementara bagi Anda pengguna iPhone, maka carilah aplikasi BNI Mobile Banking ini di Apple Store.

2. Ketuk tulisan “Daftar”

Jika aplikasi BNI Mobile Banking sudah terpasang pada smartphone Anda, maka segera ketuk tulisan “Daftar”. Setelah itu, Anda bisa membaca syarat dan ketentuan yang ada di halaman aplikasi.

3. Klik “Saya Setuju”

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan mendaftar BNI, maka Anda bisa mengetuk tulisan “Saya setuju” agar proses pembukaan akun rekening bisa berlanjut.

4. Pilih daftar tabungan yang diinginkan

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih salah satu saja dari daftar jenis tabungan yang ditampilkan di aplikasi.

Pilihlah daftar tabungan yang dirasa sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Ada dua jenis rekening tabungan yang bisa Anda pilih, yakni Taplus Muda atau Taplus.

Cobalah untuk mencari tahu keunggulan dan fitur dari kedua jenis tabungan, agar Anda tidak salah dalam memilih.

5. Isi halaman data diri

Setelah Anda yakin memilih jenis tabungan yang hendak digunakan, maka Anda akan diminta untuk mengisi halaman data diri di aplikasi. Beberapa data diri yang harus diisi adalah:

  • Nama lengkap sesuai KTP
  • Nomor Induk Keluarga (NIK) KTP
  • Tanggal lahir
  • Nomor telepon

Jika sudah menuliskan halaman data diri, maka tunggulah sampai nomor Anda mendapatkan SMS berisikan kode OTP dari pihak BNI. Masukkan segera kode yang diterima untuk lanjut ke proses setelahnya.

6. Lengkapi data diri

Selain mengisi data diri, Anda juga akan diminta untuk mengisi tempat Anda bekerja atau data perusahaan. Setelah itu, ketuk opsi “Lanjut”.

7. Upload KTP dan foto selfie

Setelah mengisi data diri dan perusahaan, maka Anda harus mengunggah KTP beserta foto selfie dengan KTP dan juga tanda tangan.

Selesai mengunggah semua yang diminta oleh aplikasi, maka Anda bisa memilih opsi menu “Daftar Mobile Banking”.

8. Buatlah User ID

Nah, karena Anda membuka tabungan rekening dengan mobile banking, maka otomatis Anda juga membuat akun M-Banking BNI pula.

Pada tahap ini, Anda akan diminta membuat user ID agar bisa mengakses fitur dari BNI Mobile Banking.

9. Verifikasi Data

Setelah membuat user ID, maka  Anda bisa memilih opsi bertuliskan “Syarat dan ketentuan”. Baca baik-baik syarat dan ketentuan yang berlaku, setelah itu pilih opsi “Selanjutnya”.

Aplikasi kemudian akan mengirimkan sebuah kode referensi, ketuk opsi “Salin” dan klik tulisan “Video banking”.

Setelah itu, Anda akan terhubung dengan CS BNI untuk memverifikasi perihal data diri Anda. Selama proses verifikasi ini, CS BNI akan memandu Anda membuat PIN rekening.

Jika verifikasi selesai, maka aplikasi akan menginformasikan tentang nomor rekening BNI Anda, gambar kartu debit dan user ID.

Biaya administrasi bank BNI

biaya administrasi bni
Sumber Gambar : lifepal.co.id

Cara dan syarat buka rekening BNI di atas setidaknya akan memandu Anda yang ingin membuat rekening tabungan BNI.

Apakah Anda hendak membuat rekening tabungan BNI secara online ataukah melalui offline?

Apapun pilihan Anda, pastikan untuk melakukan cara-cara di atas dan Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya, hanya di Goodchoice.id.