Jelajah

10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Membuat Liburanmu Lebih Istimewa

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Selain memiliki daya tarik pada wisata kulinernya yang legendaris, Yogyakarta juga memiliki...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
Lost World

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Selain memiliki daya tarik pada wisata kulinernya yang legendaris, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat tujuan wisata yang pas buat liburan bersama orang terdekat. Berikut beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi:

Advertisement

1. Pantai Wediombo.

pantai wediombo
Sumber Gambar : https://2.bp.blogspot.com/

Tempat wisata di jogja yang satu ini cukup terkenal, karena memiliki keindahan yang memukau. Pantai Wediombo bisa dikatakan pantai terlengkap, karena di pantai ini selain bisa menikmati keindahan panorama pantai, juga bisa snorkeling di tepi pantai maupun agak di tengah laut.

Anda bisa menikmati pasir putih, dan juga bermain air di beberapa kolam alami yang ada disini.

2. The Lost World Castle.

Lost WorldSumber Gamabar : https://backpackerjakarta.com/

The Lost World Castle memiliki bentuk menyerupai kastil dengan arsitektur yang unik. Jika dilihat dari luar, bentuk bangunan ini seperti kastil.

Banyak orang bilang bangunan ini mirip sekali dengan Benteng Takeshi yang berada di Jepang. Tempat wisata di jogja yang satu ini tidak hanya menjual keindahan alam di lereng gunung Merapi, tapi juga menyediakan banyak spot berfoto dan wahana yang unik.

3. Candi Prambanan.

prambanan
Sumber Gambar : www.infobudaya.net/

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Situs peningglan sejaran ini memiliki relief yang menceritakan kisah mengenai Ramayana dan Krishnayana.

Pada bagian dalam Taman Wisata Prambanan ini terdapat sebuah museum yang telah dilengkapi dengan peralatan audio visual mengenai sejarah Candi Prambanan untuk para wisatawan.

4. Jalan Malioboro.

Jalan Malioboro adalah Jalan paling terkenal di Yogyakarta. Bisa dibilang jalan ini dikenal sebagai penggerak utama nadi Yogyakarta sejak Kerajaan Ngayogyakarta

Di sepanjang jalanMalioboro terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, dari pakaian, cendera mata dan barang kerajinan sampai makanan.

Jalan Malioboro memang selalu menarik untuk dikunjungi. Suasana jalan ini memang unik, anda yang mencari wisata jogja malam hari juga bisa berjalan-jalan santai disini.

5. Kalibiru.

Kalibiru
Sumber Gambar : https://travelspromo.com/

Kalibiru adalah wisata alam yang cukup populer di Kabupaten Kulonprogo. Pemandangan alamnya yang sangat indah dan suhu udara yang sangat sejuk menjadi salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini.

Wisata Alam Kalibiru ini berada pada ketinggian 450 M dpl. Buat kamu yang gak alergi dengan ketinggian, tempat ini jadi destinasi yang seru banget.

Kamu bisa berfoto di atas ketinggian dari sebuah panggung dan pohon, dengan latar belakang jurang.

Dari puncaknya Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan bukit menoreh dan waduk sermo, dan jika cuacanya cerah Anda dapat melihat dari kejauhan ombak pantai selatan.

6. Kebun Buah Mangunan.

mangunan
Sumber Gambar : https://eksotisjogja.com/

Tempat wisata di jogja ini dijuluki sebagai negeri diatas awan. Kebun buah Mangunan berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl.

Dari puncaknya Anda akan disuguhi pemandangan Pantai Parangtritis yang tampak mempesona. Tidak hanya itu saja, kebun buah Mangunan juga menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya.

7. Bukit Klangon.

Bukit Klangon
Bukit Klangon, Sumber Gambar : https://2.bp.blogspot.com/

Jika kamu ingin melihat dengan jelas Gunung Merapi itu kamu tidak perlu capek-capek mendaki untuk sampai puncaknya, karena Anda bisa melihatnya dengan berkunjung ke Bukit Klangon.

Bukit Klangon memiliki gardu pandang dengan background Gunung Merapi. Karena lokasi Bukit Klangon berada dekat dengan Gunung Merapi yaitu sekitar 4 km.

Obyek wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan masa liburan dan menghilangkan penat.

8. Pantai Baron.

pantai baron
Sumber Gambar : https://mytrip123.com/

Bentuk pantai baron sendiri menyerupai teluk kecil yang diapit oleh dua bukit di sisi kanan dan kiri pantai seolah melindungi dari gempuran ombak ganas Laut Selatan. Ombak di Pantai Baron tidak terlalu besar sehingga wisatawan dapat dengan leluasa bermain air, hingga berenang di tepi pantai.

9. Candi Ijo.

Candi ijo
Sumber Gambar : https://1.bp.blogspot.com/

Candi ini mungkin kurang terdengar namanya jika dibandingkan dengan Prambanan dan Borobudur. Padahal objek wisata Jogja yang satu ini juga tak kalah indah.

Letak Candi Ijo ini sendiri berlokasi di Bukit Ijo, Candi Ijo sendiri merupakan candi tertinggi di Jogja, berada di ketinggian sekitar 357,402 m – 395,481 m dpl.

Tempat wisata di jogja ini menawarkan pemandangan alam sekitar yang indah plus sunset keren.

10. Keraton Yogyakarta.

keraton DIY
Sumber Gambar : https://garasijogja.com/

Main ke kompleks Keraton Yogyakarta juga menjadi wisata Jogja yang populer bagi turis lokal maupun asing. Pasalnya bangunan di dalam keraton memang masih dipelihara dengan baik. Ada juga sejumlah diorama yang menunjukkan detail kebuayaan Yogyakarta di masa lalu.

Tentu Anda tak ingin kenangan tentang Jogja hilang begitu saja, untuk dapat tetap mengingat Jogja tentunya Anda dapat membeli oleh-oleh khas Jogja untuk orang rumah.

Jangan lupa sepulang dari joga untuk membawakan oleh-oleh khas Jogja untuk orang-orangg terdekat Anda.  Demikian deretan destinasi wisata Jogja yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Advertisement

Baca Juga : 6 Tempat Nongkrong Di Jogja Yang Pas Buat Bersantai Sama Orang Terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *