Jelajah

13 Tempat Wisata di Surabaya ini Menawarkan Pengalaman Liburan yang Asyik

Tempat Wisata di Surabaya – Surabaya sebagai Ibukota Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu wilayah paling ramai dikunjungi. Advertisement Tidak hanya wisata...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
ciputra water park

Tempat Wisata di Surabaya – Surabaya sebagai Ibukota Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu wilayah paling ramai dikunjungi.

Advertisement

Tidak hanya wisata kulinernya saja yang memikat, tetapi Surabaya juga menyediakan tempat wisata. Berikut merupakan tempat wisata di Surabaya yang bisa menjadi alternatif pilihan liburan Anda:

Daftar Tempat Wisata di Surabaya

1. Kebun Binatang

kebon binatang surabaya
Sumber Gambar : travelspromo.com

Surabaya terkenal memiliki kebun binatang terluas dan terlengkap dalam merawat aneka satwa. Berada di pusat kota, menjadikan Kebun Binatang Surabaya kerap dikunjungi oleh para wisatawan.

Tempat wisata keluarga ini tergolong kebun binatang tertua di Indonesia.

Harga tiket masuk ke sini sangat murah, yaitu Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000 per orang. Tempat wisata di Surabaya ini buka setiap hari kecuali pada tanggal merah.

Anda juga bisa wisata kuliner karena di dalamnya menjual aneka makanan dan minuman khas.

2. Ciputra Waterpark

ciputra water park
ciputra water park

Bagi Anda pecinta wahana air, bisa datang ke Ciputra Waterpark. Tempat wisata modern ini digemari, karena menjadi obat kesegaran bagi wilayah Surabaya yang panas.

Di sini menyediakan berbagai jenis wahana yang dapat dicoba sesuai keinginan.

Tempat wisata ini terletak di daerah Citraland Sambikerep, sehingga dekat dengan berbagai tempat wisata lainnya.

Anda bisa mencoba berbagai jenis wahana air bersama pasangan, teman, atau keluarga sehingga memberi kesenangan yang sempurna.

3. Taman Harmoni Keputih

Taman ini memiliki julukan berbeda oleh wisatawan, yaitu Taman Sakura karena di dalamnya terdapat taman bunga sakura.

Banyak bunga lain yang ditanam di dalamnya, namun hal yang melekat pada tempat wisata ini adalah tanaman sakuranya.

Anda dapat melihat pemandangan indah berupa bunga warna-warni yang luas dan banyak.

Di sini Anda bisa mengeksplor luasnya taman sambil melihat pemandangan dan berfoto sesekali. Taman ini sangat luas, Anda bisa menghabiskan waktu dengan orang kesayangan di sini.

4. Museum Mpu Tantular

Tempat wisata edukasi ini bisa menjadi alternatif pilihan jika ingin memperoleh ilmu pengetahuan, sekaligus pengalaman menyenangkan di dalam museum.

Anda bisa membawa anak-anak, keluarga, maupun pasangan untuk melihat benda peninggalan sejarah di sini.

Anda bisa berkunjung hari Senin sampai Minggu sesuai jam buka yang telah ditentukan.

Museum ini memiliki 1.000 koleksi benda bersejarah yang dapat menambah wawasan, sekaligus meningkatkan rasa syukur karena masa penjajahan telah usai.

5. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Berkunjung ke masjid bersejarah dapat menjadi sarana untuk meningkatkan ketakwaan muslim. Bagi Anda yang beragama Islam dapat berkunjung ke sini, karena masjid ini memiliki desain yang bagus dan populer di Nusantara.

Desain masjid yang memiliki perpaduan Arab dan Tiongkok ini, menghasilkan karya indah yang memukau.

Anda bisa menjalankan wisata rohani sekaligus beribadah di rumah Allah SWT ini. Uniknya, desain Masjid Muhammad Cheng Hoo ini menjadikannya tempat paling ramai dikunjungi.

6. Kenpark Surabaya

kenpark surabaya
Sumber Gambar : hargatiket.ne

Kenpark memiliki kepanjangan yaitu Kenjeran Park Surabaya. Tempat wisata ini masuk dalam salah satu daftar yang harus Anda kunjungi jika berada di Surabaya, karena memiliki konsep yang sama dengan Klenteng Sanggar Agung atau Temple of Heaven di Cina.

Banyaknya spot menarik yang bisa digunakan sebagai foto menjadi daya tariknya.

Bagi Anda yang ingin memperoleh hasil gambar bagus dengan baground foto terbaik, dapat berkunjung ke sini. Harga tiket masuknya juga terjangkau, lho!

7. Hutan Bambu Keputih

Pada awalnya tempat ini merupakan TPS atau tempat pembuangan sampah, kemudian Pemerintah Surabaya menyulapnya menjadi tempat wisata alam yang asri dan menawan.

Ketika masuk, Anda menemui jalan yang di sampingnya terdapat pohon bambu.

Di sini juga terdapat taman bunga sakura yang bisa dijadikan tempat foto. Tempat wisata alam yang terletak di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya ini, menjadi tempat wisata alam yang sering didatangi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

8. Air Mancur Menari

Tempat wisata di Surabaya gratis yang memiliki spot foto bagus hanya di wilayah Kenjeran.

Terdapat jembatan besar yang dibangun di sepanjang Pantai Kenjeran. Di sepanjang pantai tersebut Anda bisa melihat air mancur yang menari disertai warna-warni.

Air mancur ini sangat cocok didatangi di malam hari, karena terdapat lampu-lampu yang disusun dengan cantik di sekitar taman.

Anda bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan air mancur di malam hari, sekaligus quality time bersama orang tercinta.

9. Food Junction Grand Pakuwon

food junction grand pakuwon
Sumber Gambar : cdn.statically.io

Tempat wisata yang dibangun pada tahun 2016 tak pernah sepi pengunjung hingga saat ini. Pemandangan danau yang indah serta berbagai makanan dan minuman yang berjejer rapi siap dieksekusi.

Food Junction Grand Pakuwon memang menjadi tempat kulineran paling nyaman karena disuguhi pemandangan indah.

Makanan dan minuman yang disediakan di sini tidak hanya genre dalam negeri saja, melainkan juga luar negeri.

Sehingga Anda bisa memperoleh berbagai jenis makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya. Wisata kuliner ini bisa dikunjungi bersama pasangan maupun keluarga karena tempatnya yang cozy.

10. Ekowisata Mangrove

Jika Probolinggo memiliki BJBR (Bee Jay Bakau Resort) yang merupakan tempat wisata mangrove, Surabaya memiliki konsep serupa.

Padatnya aktivitas di tengah kota membuat masyarakat rindu tempat wisata alam yang menyejukkan.

Jika berkunjung ke Ekowisata Mangrove Surabaya, Anda dimanjakan dengan pemandangan laut dan tanaman mangrove.

Tersedia jembatan yang menjadi sarana untuk berkeliling. Hanya dengan tiket masuk seharga Rp. 5.000, Anda sudah bisa melihat pemandangan sekaligus berfoto di sana.

11. Surabaya Carnival Park

Wisata modern ini memiliki banyak sekali pilihan wahana yang dapat dicoba untuk menguji adrenalin.

Berbagai wahana seperti mini roller coaster, giant carousel, perang laser, rumah hantu, cinema 4D, dan wahana lain tersedia di sini.

Surabaya Carnival Park juga menyediakan fasilitas lengkap seperti musholla, penitipan barang, counter refund, tempat nongkrong, dan lain sebagainya.

Hanya dengan Rp. 60.000 di hari biasa dan Rp. 80.000 di tanggal merah saja, Anda sudah bisa mengeksplor berbagai wahana menarik.

12. Kampung Bulak

kampung bulak
kampung bulak

Memiliki konsep yang sama seperti Kampung Warna-Warni Jodipan Malang, tempat wisata ini juga terdiri dari rumah-rumah yang dicat dengan warna cantik.

Perpaduan berbagai cat rumah ini menjadikan Kampung Bulak bagus digunakan untuk berfoto.

Kampung tematik ini terletak di bagian utara dari Pantai Kenjeran Surabaya. Di dalamnya banyak hiasan yang dibuat oleh masyarakat setempat agar menarik untuk dikunjungi.

Tiket masuk yang murah meriah, membuat Kampung Bulak semakin banyak dikunjungi khususnya oleh kalangan muda.

13. Surabaya Carnival Night Market

Jika Kota Batu punya Batu Night Spectacular (BNS), Ibukota Jawa Timur ini punya Surabaya Carnival Night Market yang memiliki konsep serupa.

Hanya dengan tiket masuk Rp. 10.000, Anda sudah bisa masuk dan memilih wahana yang diinginkan. Namun, setiap wahana masih harus bayar di tempat masing-masing, ya.

Wisata malam yang terletak di Jl. Ahmad Yani No. 333, Dukuh Menanggal, Kec. Gayungan, Kota Surabaya ini, bisa dipilih untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, keluarga, bahkan teman-teman. Banyak sekali wahana menantang adrenalin yang wajib dicoba.

Advertisement

Bagaimana? Sudah menentukan tempat wisata di Surabaya yang akan dikunjungi saat ini? Semoga daftar tempat wisata di atas membantu dalam memilih, ya! Ingat, sesuaikan tujuan wisata dengan budget yang dimiliki, agar liburan Anda menyenangkan tanpa takut kehabisan dana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *