Pekerjaan

9 Tips Mengerjakan Tes Psikotes Wartegg Agar Lulus Seleksi Kerja.

Pada tes psikotes gambar wartegg kali ini Anda akan diminta untuk meneruskan gambar – gambar yang tersedia di dalam delapan kotak sesuai...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
wartegg

Pada tes psikotes gambar wartegg kali ini Anda akan diminta untuk meneruskan gambar – gambar yang tersedia di dalam delapan kotak sesuai dengan imajinasi Anda.

Advertisement

Setelah selesai menjawab tes wartegg Anda di perintahkan untuk memberikan sebuah nomor urut pada setiap gambar yang dikerjakan terlebih dahulu, serta memilih gambar mana yang paling sulit, paling disukai, dan paling tidak disukai, yang paling mudah dan disertai dengan alasan yang jelas.

Tes ini digunakan untuk memastikan sifat karakter seseorang dari segi Imajinasi, Dinamisme, Emosional, Reallty Function serta Keahliannya dalam mengendalikan sesuatu.

Arti dan Penjelasan Gambar Pada Kotak

Dalam tes wartegg ini, Anda akan diberikan delapan kotak berisi gambar yang belum selesai. Seperti gambar di bawah ini :

wartegg
Sumber Gambar : https://4.bp.blogspot.com/

Pada test wartegg ini memiliki 8 kotak, dimana masing-masing kotak berisikan suatu gambar dan memiliki makna yang berbeda-beda.

Berikut merupakan keterangan gambar awal dengan Nomor Kotak yang berurutan dari sebelah kiri ke sebelah kanan.

Gambar 1

Pada kotak yang berada pada sebelah kiri diatas, berupa Gambar Titik ( . ) yang berada di sebelah tengah-tengah dalam kotak.

Gambar ini menjelaskan karakter pada diri seseorang, dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan yang baru. Selain itu kotak ini juga menggambarkan kelincahan seseorang.

Gambar 2

Kotak yang bersebelahan dengan Gambar 1 diatas, berupa coretan garis bergelombang. Gambar ini menunjukkan perasaan pada diri seseorang yang bersifat Fleksibilitas, dalam sebuah Kehidupan yang bebas tetapi tetap bersifat Dinamis.

Baca Juga : 10 Tips Lolos Tes Psikotes Gambar Pohon & Penjelasannya.

Gambar 3

Kotak yang bergambar Garis Vertikal seperti sebuah tangga yang berada dibawah sebelah kiri dalam kotak.

Pada gambar ini mempunyai arti seberapa besar ambisi pada diri seseorang dalam mengejar sebuah impian atau cita-cita hidupnya.

Gambar 4

Kotak selanjutnya bergambar kotak kecil berwarna hitam. Gambar ini mempunyai arti seberapa besar pola fikir pada diri seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapinya.

Gambar 5

Pada kotak nomer 5 berupa garis diagonal dengan membentuk huruf T agak miring dan terpisah. Gambar ini menggambarkan bagaimana cara pada diri seseorang dalam bertindak.

Gambar 6

Pada kotak yang bersebelahan dengan Gambar 5 diatas, berupa Garis Vertikal dan Garis Horizontal terpisah yang berada pada diatas tengah dalam kotak. Gambar ini mempunyai arti cara berfikir pada diri Seseorang dalam melakukan Analisis.

Gambar 7

Kotak pada nomor 7 berupa sekumpulan titik yang berada pada dibawah kanan dalam kotak.

Gambar ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan dan perasaan Seseorang yang bersifat Stabil, Dewasa, atau malah Kekanakan.

Gambar 8

Untuk Gambar yang terahir berupa garis melengkung seperti sebuah Payung yang berada di tengah-tengah dalam kotak. Gambar ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sifat pada diri Seseorang dalam bersosialisasi.

Baca Juga : 5 Tips dan Trik Gambar Orang Pada Proses Assessment Psikologi.

Tips Cara Mengerjakan Tes Psikotes Wartegg.

Berikut akan di jelaskan beberapa tips untuk mengerjakan soal dari tes wartegg.

1. Anda di perbolehkan menggambar apa saja, karena tidak ada batasan apa yang harus digambar, tapi usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif karena akan menambah penilaian. Boleh dimulai dari simbol mana saja yang menurut anda paling mudah.

2. Ketika menggambar tidak harus urut dari simbol yang pertama. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor setelah selesai menggambar.

3. Usahakan agar jangan terlalu banyak coretan karena terlalu banyak coretan menggambarkan kurangnya perencanaan.

4. Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda.

5. Jangan menggambar dengan goresan tipis dan buram karena akan menggambarkan kepribadian yang lemah dan ragu-ragu.

6. Gunakanlah pensil 2B ketika menggambar wartegg test agar lebih terlihat jelas.

7. Gambar yang dibuat tidak harus berkaitan satu sama lain. Menggambarlah sesuai dengan immjinasimu.

8. Jika anda seorang laki-laki sebaiknya jangan memulai gambar dari pola lengkung begitu juga sebaliknya karena       anda akan dianggap memiliki kepribadian aneh oleh penilai.

9. Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Apabila anda menggambar    berdasarkan urutan anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif.

Apabila anda menggambar secara acak anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan      cenderung suka akan ‘breaking the law‘.

Advertisement

Demikian penjelasan singkat mengenai cara mengerjakan tes psikotes wartegg. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *