Pekerjaan

3 Cara Membuat Seorang HRD Terkesan Saat Sesi Wawancara Kerja

Tips interview kerja – Sesi interview kerja tentu merupakan saat-saat yang mendebarkan. Perasaan gugup sering kali menghampiri saat pertama kali berbicara dengan...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
tips wawancara
tips interview kerja
Sumber Gambar : miro.medium.com

Tips interview kerja – Sesi interview kerja tentu merupakan saat-saat yang mendebarkan. Perasaan gugup sering kali menghampiri saat pertama kali berbicara dengan orang baru.

Advertisement

Bagaimana tanggapan orang tersebut terhadap cara berpakaian, cara berbicara dan perilaku kita saat sesi interview menjadi penilaian penting.

Untuk menghadapi panggilan interview kerja, setidaknya sejumlah persiapan perlu Anda lakukan sebelumnya, lepas dari persiapan penampilan dan materi wawancara, yaitu tentang sikap yang akan Anda bangun.

Tentunya segala persiapan harus dilakukan secara matang agar sesi wawancara kerja berjalan lancar, dan pewawancara terkesan dengan jawaban yang kita lontarkan.

Ini penting untuk dilakuakn karena pada kesan pertama inilah yang akan menentukan baik tidaknya penilaian terhadap kualitas diri Anda.

Agar kehadiran Anda di sesi wawancara meninggalkan kesan baik, lakukan 3 hal ini agar HRD terkesan

Cara membuat HRD terkesan saat wawancara kerja

Untuk itu, simaklah beberapa tips interview kerja berikut ini:

1. Tunjukkan kelebihan dan kompetensi diri

pertanyaan interview kerja
Sumber Gambar : amazonaws.com

Menujukkan kelebihan di sini bukan bermaksud untuk menyombongkan diri. Hanya saja, lebih pada sikap atau karakter seperti apa yang Anda miliki yang ingin ditonjolkan sebagai kelebihan, misalnya wibawa, percaya diri, atau orang yang dinamis.

Jika Anda dapat menentukan ini, maka berlatihlah untuk menyampaikan kualitas tersebut dengan baik, mulai dari tutur kata hingga bahasa tubuh.

Selain itu, dalam wawancara kerja, Anda juga perlu menunjukkan atau menjelaskan secara singkat tentang kompetensi diri yang Anda miliki, tentunya yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar untuk meyakinkan pewawancara agar memilih Anda.

2. Buat percakapan santai

Santai saat interview
Sumber Gambar : urich.co.id

Tidak jarang, dihadapkan pada situasi wawancara akan membuat Anda tegang dan grogi.

Hal itu terjadi karena ada rasa sungkan pada diri Anda untuk turut aktif berbicara dalam sesi interview karena khawatir melewati batas sopan.

Seharusnya tidak demikian, Anda harus bisa lebih aktif berkontribusi dalam sebuah wawancara kerja.

Wawancara kerja yang baik adalah dengan adanya komunikasi yang baik antara kamu dan pewawancara.

Perlu untuk di ketahui bahwa ada perbedaan besar antara bersikap sopan dan pasif. Sopan artinya tidak menyela pewawancara ketika berbicara, pasif berarti kamu hanya akan berbicara ketika ditanya.

Jadi, bukan hanya pewawancara saja yang mengajukan pertanyaan ke Anda tetapi Anda juga bisa bertanya balik tentang perusahan tersebut kepadanya.

Ada baiknya kamu juga bersikap lebih semangat dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait perusahaan atau pekerjaan yang akan dikerjakan.

Ini akan membantu Anda untuk memahami budaya dan cara kerja perusahaan itu. Untuk melakukan ini, Anda dapat menyiapkan beberapa pertanyan dari rumah.

Tentunya selepas penggalian informasi terkait gambaran perusahaan dan pekerjaan yang hendak dilakoni.

3. Kendalikan bicara dan kuasai bahasa tubuh

pertanyaan interview
Sumber Gambar : miro.medium.com

Sebisa mungkin, Anda harus bisa mengendalikan keinginan untuk berbicara terlalu banyak, sekalipun Anda senang bicara.

Perhatikan dengan cermat pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara untuk mengetahui kebutuhan jawaban yang diperlukan, singkat atau panjang lebar.

Anda dapat mencari tahu apa saja pertanyaan interview yang umum dilontarkan, setelah itu berlatihlah menjawabnya dengan menggunakan cermin.

Dengan begitu Anda dapat melihat dan mengatur bagaimana ekspresi wajah yang baik untuk ditunjukkan ketika berbicara dengan pewawancara nantinya.

Selain mengendlikan emosi untuk bicara banyak, Anda juga harus mampu menguasai bahasa tubuh saat percakapan berlangsung, misalnya posisi duduk, kontak mata, gerakan tangan, dan lain-lain.

Apabila Anda menerapkan cara-cara di atas, kemungkinan besar Anda akan dengan mudah mendapatkan tawaran kerja yang selama ini kamu tunggu-tunggu.

Hal-hal sederhana di atas memang akan memakan waktu Anda untuk mempelajarinya, namun jika tips interview kerja di atas diterapkan sungguh-sungguh, Anda tidak akan merugi.

Advertisement

Demikianlah, informasi seputar tips interview kerja dan cara membuat HRD terkesan saat wawancara kerja. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam mendapatkan kesan positif dari pewawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *