Pekerjaan

5 Tugas Penting Seorang Marketing Dalam Perusahaan

Bagian marketing bisa di katakan penentu suksesnya sebuah perusahaan. Tugas marketing memerankan pekerjaan yang sangat penting dan dapat memberikan pengaruh besar bagi...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
riset pasar

Bagian marketing bisa di katakan penentu suksesnya sebuah perusahaan. Tugas marketing memerankan pekerjaan yang sangat penting dan dapat memberikan pengaruh besar bagi perusahaan.

Advertisement

Tugas marketing merupakan kegiatan yang krusial dalam jalannya suatu perusahaan. Berikut Ini adalah tugas seorang marketing dalam perusahaan .

1. Riset Pasar.

riset pasar
Sumber Gambar : https://www.kobadvertising.com/

Sebelum produk masuk ke pasar, sebaiknya bagian marketing mengamati keadaan pasar. Sebelum membuat suatu produk untuk diperdagangkan, seorang marketing harus melakukan riset pasar.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan minat masyarakat terhadap suatu produk. Sehingga produk yang dihasilkan perusahaan nantinya dapat laku dipasaran.

Riset pasar meliputi mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat, siapa target dari produk yang akan diciptakan dan bagaimana persaingan produk atau jasa serupa.

2. Merencanakan Produk.

produk
Sumber gambar : https://3.bp.blogspot.com/

Bagian marketing harus mampu merencanakan produk apa yang akan dipasarkan. Hasil riset pasar mempunyai peran penting dalam pembuatan rancangan produk.

Produk yang diciptakan harus memperhatikan riset pasar yang telah dilakukan sebelumnya. Sehingga produk baru akan mendapat perhatian dan dapat diterima oleh konsumen.

Dalam membuat sebuah produk, bagian marketing akan menjalani trial and error saat percobaan pembuatan produk. Hal ini sangat wajar dialami dan merupakan bagian dari suatu proses pembuatan rancangan produk.

Baca Juga : 10 Peran Pentingnya Digital Marketing Dalam Proses Penjualan.

3. Menetapkan Harga Yang Bersaingdan dan Memperhatikan Keuntungan Penjualan.

menghitung harga
Sumber Gambar : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/

Sebelum produk dipasarkan, seorang marketing harus menentukan harga jual produknya terlebih dahulu.

Untuk menentukan harga jual, bagian marketing perlu melakukan riset harga terlebih dahulu,dengan cara mencari tahu kisaran harga yang laku di masyarakat.

Harga dari produk yang akan dipasarkan harus disesuaikan dengan keadaan persaingan produk serupa. Cobalah untuk menetapkan harga yang sesuai atau mendekati harga rata-rata produk di pasar.

Harga yang terlalu tinggi membuat masyarakat tidak berminat menggunakan produk Anda. Memberikan tawaran harga yang terlalu rendah akan memberikan kerugian bagi perusahaan.

Berikan penawaran harga yang sesuai, tidak terlalu tinggi, juga tidak terlalu rendah. Dalam menentukan harga marketing wajib memperhatikan keuntungan dari setiap produk.

Agar usaha terus berjalan, maka dibutuhkan keuntungan bagi perusahaan tersebut sehingga kegiatan usaha dapat terus berkembang.

Baca Juga : Kenali 7 konsep Marketing Mix Untuk Menyusun Srategi Bisnis Anda.

4. Merencanakan Kegiatan Promosi.

promosi
Sumber Gambar ; https://markaz-organizer.com/

Kegiatan promosi tidak bisa dihilangkan dalam jodesk bagian marketing, dikarenakan tanpa adanya promosi tentunya akan kurang maksimal untuk menjual produk yang akan di pasarkan.

Tujuan dari kegiatan promosi ini adalah mengenalkan produk kepada masyarakat. Promosi dapat berupa publikasi maupun pemberian bonus.

Banyak sekali cara cara promosi, seperti publikasi melalui televisi, radio, atau internet sebagai media yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat.

Konsumen pada umumnya tertarik dengan adanya bonus. Pemberian bonus dapat berupa diskon, souvenir, voucher, garansi, dan masih banyak lagi.

Pemberian bonus sebaiknya dibatasi waktunya. Hal ini untuk menghindari kerugian perusahaan.

5. Merencanakan Proses Distribusi.

Distribusi
Sumber Gambar : https://indoforwarding.com/

Tugas marketing selanjutnya adalah merencanakan alur atau rantai kegiatan distribusi dengan baik, artinya produk bisa sampai ke tangan konsumen akhir dengan baik.

Semakin panjang rantai distribusi semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan konsumen untuk membeli produk Anda. Karena artinya banyak pihak yang terlibat dalam proses distribusi tersebut.

Sehingga perlu dipikirkan cara agar konsumen mendapatkan produk yang sesuai dengan harga yang dibayarkan. Salah satu caranya adalah memangkas rantai distriusi.  Alur distribusi menjadi tugas marketing yang perlu diperhatikan.

Divisi marketing menuntut kita agar bekerja secara profesional dalam menjalankan tugasnya. Marketing bukanlah profesi yang sembarangan.

Advertisement

Setiap strategi dan tindakan yang ia lakukan harus diperhatikan betul. Hal ini disebabkan, karena setiap keputusan yang dilakukan marketing akan berdampak besar bagi keadaanperusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *